Kena Kanker, Chef Cantik Ini Ingin Santap Makanan Favoritnya di Sisa Hidupnya

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 13 Okt 2018 14:01 WIB
Foto: Instagram @cheffati
Jakarta - Selebriti chef asal Pakistan ini menderita kanker langka. Para chef lain menggalang dana agar ia bisa menikmati makanan yang diinginkan di sisa hidupnya.

Nama Fatima Ali dikenal masyarakat New York, AS, lantaran dirinya mengikuti kompetisi masak bernama Top Chef. Fatima Ali merupakan wanita kelahiran Pakistan. Bakatnya dalam memasak membuatnya berhijrah dari Pakistan ke Amerika di usia 18 tahun. Saat itu ia masuk ke Culinary Institute of Amerika.

Karirnya terus menanjak hingga ia memiliki sebuah restoran. Ia bahkan dikenal akan kreasi sajian Pakistan modern. Ia juga jadi orang Pakistan pertama yang memenangkan Chopped Awards.
Kena Kanker, Chef Cantik Ini Ingin Santap Makanan Favoritnya di Sisa HidupnyaFoto: Instagram @cheffati
Dibalik bakat masak yang luar biasanya, pada tahun 2017 Fatima didiagnosis mengidap penyakit kanker langka bernama Ewing's Sarcoma. Ewing's Sarcoma merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan tulang lunak. Ia pun tetap semangat dan berhasil melawan kanker yang ada dalam tubuhnya. Sehingga bulan Februari lalu, ia dinyatakan 'bebas kanker' oleh dokter.

Karenanya, di bulan April, Fatima kembali membintangi acara masak Pebble Beach Food and Wine Festival. Tapi sayangnya, kabar buruk kembali menimpanya. Beberapa waktu lalu, Fatima dikabarkan kembali mengidap kanker. Sedihnya, dokter menjelaskan bahwa sisa hidupnya hanya tinggal satu tahun lagi lapor Bon Appetit.

"Ini lucu, kan? Ketika kita berpikir bahwa kita punya banyak waktu untuk hidup, kita lupa untuk menikmati hidup. Ketika hal itu direnggut dari kita, kita berjuang untuk merasakannya," tulis Fatima.

Baca juga: Sedih! Takut Istri Kelaparan, Kakek Ini Sampai Tersesat untuk Bawakan Mooncake

Ia menambahkan, "Setiap hari jadi kesempatan saya untuk merasakan hal yang baru. Sekarang saya punya daftar (tempat) yang harus saya kunjungi. Dari roti panggang uni dan truffle panggang di Chef's Table di Brooklyn Fare hingga Szechuan hot pot di Flushing."
Kena Kanker, Chef Cantik Ini Ingin Santap Makanan Favoritnya di Sisa HidupnyaFoto: Instagram @cheffati
Melihat semangat hidup Fatima, tagar #TeamFati mencuat. Banyak rekan-rekan kuliner di New York yang membuat kampanye di GoFundMe. Kampanye itu dibuat untuk menggalang dana untuk mewujudkan impian Fatima di sisa hidupnya.

"Mari kita bantu dia untuk mengalami apa yang ditawarkan hidup ini, dari mulai hot pot di Queens ke @nomacph. Ini mimpinya untuk menikmati hidup dan mengunjungi sebanyak mungkin tempat dengan sisa waktu yang ia miliki, mari kita bantu dia untuk itu!," tulis akun chefadriennecheatham.

Baru beberapa hari dibuat, sudah terkumpul sumbangan sebanyak $60.000 (Rp 911 juta). Semuanya dari rekan sesama chef dan beberapa penggemar Fatima. GoFundMe sendiri memiliki target sebesar $150.000 (Rp 2.2 miliar) untuk Fatima lapor Today (13/10).

Baca juga: Melihat Anak Pengemis Dibelikan Makan Siang, Pria Ini Terharu Dengar Kisahnya



(sob/sob)