Museum Unik di Ceko Berisi Diorama yang Terbuat dari Adonan Almond

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 12 Okt 2018 18:40 WIB
Foto: Třeboň in Marzipan Foto: Třeboň in Marzipan
Třeboň - Belajar tentang sejarah tidak harus membosankan. Di Ceko, hadir sebuah museum berisi diorama sejarah yang dibuat menggunakan hiasan kue marzipan.

Wilayah Trebon di Republik Ceko, memiliki sejarah yang sudah ada sejak 900 tahun lalu. Dengan tujuan agar orang-orang lebih tertarik untuk mempelajari dan mengenal sejarah kota Trebon, dibuatlah museum baru berisi diorama tentang sejarah kota yang menarik.

Baca Juga: Museum Makanan Menjijikkan dari Seluruh Dunia Akan Segera Dibuka
Museum Unik di Ceko Berisi Diorama yang Terbuat dari Adonan AlmondFoto: Třeboň in Marzipan
Dilansir Munchies (11/10), diorama ini terbuat dari marzipan. Bahan ini biasanya digunakan sebagai hiasan kue, karena teksturnya mudah dibentuk dan rasanya manis. Marzipan umumnya terbuat dari gula dan almond bubuk.

Museum ini terletak di pusat kota dengan 12 rangkaian diorama yang penuh nilai sejarah. Di sini setiap pengunjung bisa melihat diorama bentuk orang-orang Trebon, dengan berbagai latar tempat seperti rumah, bar, hingga restoran. Semuanya terbuat dari marzipan.

"Kami ingin menunjukkan Trebon dari prespektif yang berbeda, kami menampilkan sejarah dari rumor atau cerita yang melegenda," tutur penjelasan di situs museum yang bernama 'Třeboň in Marzipan'.
Museum Unik di Ceko Berisi Diorama yang Terbuat dari Adonan AlmondFoto: Třeboň in Marzipan
Meski menggunakan bahan utama marzipan untuk membuat diorama, sebenarnya marzipan bukanlah kue atau hiasan kue yang berasal dari Ceko. Marzipan lebih banyak dikonsumsi di wilayah Jerman dan Austria, hal ini dikarenakan tipisnya pasokan bubuk almond di wilayah Ceko.

Untuk mengatasi hal ini, pihak museum mengatakan bahwa mereka harus mendatangkan marzipan tiruan agar diorama terselesaikan. Selain menggunakan dekorator kue yang handal dan profesional, pihak museum juga menyediakan Chráněná Dílna, atau ruangan kerja untuk orang-orang yang memiliki masalah mental atau difabel.

Para pengunjung juga bisa membeli diorama marzipan yang dijual di museum sebagai oleh-oleh. Salah satu seniman bernama Hortova, bahka sudah membuat 5.000 diorama dari marzipan untuk dijual di museum Třeboň in Marzipan.
Museum Unik di Ceko Berisi Diorama yang Terbuat dari Adonan AlmondFoto: Třeboň in Marzipan
"Anda bisa mengunjungi museum lain untuk belajar dan mengenal tentang sejarah. Tapi di museum ini, kami tidak ingin menjadi museum terpintar. Kami ingin menonjolkan tentang pengalaman," pungkas Lenka Želivská selaku direktor museum.

Baca Juga: Yuk, Intip Suasana Museum Makanan yang Hits di Penang! (sob/odi)