Hidangan China Populer

Ini Dia 7 Kue Asal China yang Populer di Indonesia

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 12 Okt 2018 17:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Hidangan China Populer
Jakarta - Ini dia kue khas China yang juga populer di Indonesia. Ada yang rasanya asin gurih, ada pula yang rasanya manis.

Pasti Anda sudah tahu soal camilan populer di Indonesia yang ternyata berasal dari China. Ternyata tak hanya camilan saja, kudapan alias kue yang jadi favorit banyak orang juga berasal dari China. Seperti 5 kue berikut ini.

Baca juga: Bakpia hingga Siomay, Jajanan Enak yang Namanya dari Dialek Hokkian

1. Pia

Ini Dia 7 Kue Asal China yang Populer di IndonesiaFoto: Istimewa
Pia atau yang lebih dikenal dengan bakpia merupakan kue khas China. Pia berasal dari China bagian selatan. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu dan lemak. Sehingga saat dipanggang renyah dan terasa berlapis-lapis.

Adonan kulitnya ada yang sedikit keras dan kenyal serta ada juga yang tipis renyah. Isiannya pun beragam, dari manis hingga gurih. Namun di Indonesia, lebih banyak bakpia dengan isian bahan manis. Bakpia sendiri ternyata paduan bahasa China. Bak artinya daging dan pia artinya kue, seperti disebutkan oleh
Aji Chen selaku penulis buku Peranakan Tionghoa dalam Kuliner Nusantara.

2. Onde-onde

Ini Dia 7 Kue Asal China yang Populer di IndonesiaFoto: Enggran Eko Budianto
Camilan ini sangat terkenal di Indonesia, terlebih wilayah Mojokerto. Onde-onde terbuat dari tepung beras ketan yang diisi pasta kacang merah/kacang hijau. Adonan tepung ketannya dibentuk menyerupai bola kecil lalu dibaluri biji wijen putih. Kemudian digoreng.

Meski begitu dikenal, camilan ini ternyata berasal dari China. Onde-onde sudah ada di sana sejak zaman Dinasti Tang. Bahkan camilan ini jadi kue resmi daerah Xian dengan sebutan 'ludeui'.

3. Cakwe

Ini Dia 7 Kue Asal China yang Populer di IndonesiaFoto: iStock
Camilan yang jadi primadona ini berasal dari China dengan nama youtiao. Meski terbuat dari tepung terigu, ragi, ammonium bicarbonat, soda, dan garam, rasanya sangatlah enak. Apalagi dimakan dengan campuran saus merahnya yang sedikit asam.

Di China sendiri, cakwe biasa dimakan sebagai sarapan. Karenanya kerap disandingkan dengan bubur, susu kedelai atau pun susu biasa yang dicampur dengan gula.

4. Kue bantal

Ini Dia 7 Kue Asal China yang Populer di IndonesiaFoto: dok. detikFood
Kue ini lebih dikenal sebagai Chinese Doughnut. Di Indonesia sendiri sering disebut kue bantal atau odading. Mudah ditemui di wilayah Jawa Barat. Biasanya dijual bersamaan dengan cakwe.

Berbeda dengan cakwe yang punya rasa yang asin, kue bantal justru punya rasa yang manis. Disebut kue bantal lantaran bentuknya mirip dengan sebuah bantal. Kue ini terbuat dari tepung terigu, susu bubuk, margarin, gula pasir, telur, ragi, dan garam.

5. Kue Lapis legit

Ini Dia 7 Kue Asal China yang Populer di IndonesiaFoto: detikFood Infografis
Siapa yang tak suka dengan kelezatan kue berlapis-lapis kuning dengan semburat warna cokelat ini? Kue klasik ini ternyata berasal dari China. Di sana, kue ini dikenal sebagai 'Thousand Layer Cake'.

Kue ini mudah ditemui di restoran dim sum. Lapis legit sering disajikan saat Imlek. Kue ini terbuat dari kuning telur, tepung terigu, susu hingga gula. Di Indonesia sendiri kue ini berasal dari Belanda namun diracik ulang oleh warga China dengan tambahan rempah-rempah khas Indonesia.

Baca juga: LAN: Lembut Kue Lapis Legit Original dan Keju Beraroma Wangi Mentega

6. Kue ku

Ini Dia 7 Kue Asal China yang Populer di IndonesiaFoto: detikFood
Red tortoise cake atau kue ang ku koe dikenal dengan nama kue ku di sini. Kue yang terbuat dari tepung beras ini berasal dari Negeri Bambu. Di sana, kue ini melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan umur panjang. Karena itu, kue ini selalu tersaji di hari besar seperti Imlek.

7. Kue mangkok

Sama seperti kue ku, kue ini juga sering ada dalam perayaan Imlek. Kue padat dengan bagian atas yang mekar seperti mawar ini punya warna yang beragam. Teksturnya empuk dengan rasa manis yang enak. Di China, kue ini dikenal dengan nama Fa Gao. Dalam Bahasa Cina, 'Fa' berarti mengembang karena diberi ragi, sementara 'gao' artinya kue. 'Fa' juga berarti kemakmuran. Warna-warna cerah seperti merah atau oranye sering ditambahkan agar membawa keberuntungan. (dwa/odi)
FOKUS BERITA Hidangan China Populer