Krenyes Renyah Kentang Mustopa Khas Sunda untuk Korban Gempa Sulteng

Tri Ispranoto - detikFood Jumat, 12 Okt 2018 09:27 WIB
Foto: dok. detikFood/Tri Ispranoto Foto: dok. detikFood/Tri Ispranoto
Bandung - Kering kentang sering dijadikan camilan atau pelengkap nasi kuning dan nasi rames. Seperti kentang Mustopa yang selalu bikin nagih.

Sesuai dengan namanya, penganan yang memiliki cita rasa manis, pedas dan gurih ini berbahan baku utama kentang. Bentuknya yang tipis dan memanjang membuatnya jadi renyah dan bikin ketagihan.

Baca Juga: Agar Kering Kentang Hasilnya Garing dan Renyah, Perhatikan 6 Tips Penting Ini
Krenyes Renyah Kentang Mustopa Khas Sunda untuk Korban Gempa SultengFoto: dok. detikFood/Tri Ispranoto
Selain bisa menjadi camilan panganan ini biasa dimakan bersama nasi hangat. Bahkan kering kentang ini juga dikenal bisa tahan lama hingga berbulan-bulan meski tidak menggunakan bahan pengawet.

"Mungkin orang yang pertama buatnya Pak Mustofa. Tapi karena orang Sunda jadi mustopa, pakai p bukan f," ujar Siti Nurjanah, Ketua Bidang Perempuan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Bandung, saat berbincang dengan detikfood, Kamis (10/10/2018).

DPKK DPD PKS Kota Bandung sendiri saat ini telah mengumpulkan 350 kg kentang mustopa dari 183 Unit Sekolah Ibu se-Kota Bandung untuk disumbangkan ke para korban bencana di Sulawesi Tengah.
Krenyes Renyah Kentang Mustopa Khas Sunda untuk Korban Gempa SultengFoto: dok. detikFood/Tri Ispranoto
Untuk membuat kentang mustopa tidaklah sulit. Hanya saja perlu kesabaran dan ketelatenan selama proses pembuatannya. Dibutuhkan kentang kualitas super dan sejumlah bumbu untuk menghasilkan cita rasa yang gurih, pedas, manis dan renyah.

"Biasanya 1 kg kentang itu hanya jadi ¼ kg mustopa. itu juga harus kentang yang bagus, super, tidak bisa yang biasa. Kalau dijual 1 kg mustopa itu biasanya Rp 120 ribu," katanya.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengupas kentang dan memarutnya tipis memanjang.

Selanjutnya kentang direndam bersama apu atau air kapur sirih agar saat digoreng menjadi renyah.
Setelah 1-2 jam direndam, tiriskan kentang dan bersihkan hingga tidak ada apu yang menempel. Kemudian kentang digoreng sekitar 15 menit hingga terlihat kering dan warnanya keemasan.
Krenyes Renyah Kentang Mustopa Khas Sunda untuk Korban Gempa SultengFoto: dok. detikFood/Tri Ispranoto
"Supaya minyak tidak kotor dan kentangnya wangi, masukkan saja dua gelundungan bawang merah ke dalam minyak. Tidak usah dipotong-potong, biar gelundungan saja," ucapnya.

Sambil menunggu kentang digoreng, disiapkan sejumlah bumbu seperti bawang putih, cabe tanjung yang dibuang bijinya, asam jawa, gula putih dan garam. Semua bahan tersebut dihaluskan untuk menjadi bumbu balado.

Setelah kentang digoreng dan bumbu balado selesai, kentang ditiriskan agar tidak menyisakan minyak dan air. Setelah keduanya ditiriskan tinggal disatukan dan diaduk secara manual menggunakan tangan hingga kentang dan bumbu saling menempel.
Krenyes Renyah Kentang Mustopa Khas Sunda untuk Korban Gempa SultengFoto: dok. detikFood/Tri Ispranoto
"Proses ini biasanya yang menentukan. Kentang sama bumbu ini jangan langsung disatukan, tapi tunggu sampai dingin. Kalau langsung disatukan bumbu tidak akan lengket dan kentang tidak renyah," ujar Siti.

Penasaran dengan rasa kentang mustopa? Tinggal ikuti langkah-langkah di atas dan rasakan cita rasa manis, pedas, gurih dan renyahnya dari kentang mustopa ini.

Baca Juga: Begini Trik Membuat Sisa Kentang Goreng Kembali Renyah





Tonton juga 'Buat yang Lagi Diet, Jangan Takut Makan Kentang!':

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)