Anthony Bourdain Bahas Kematian di Episode 'Parts Unknown' Bali

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 09 Okt 2018 12:24 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebelum tewas gantung diri, Anthony Bourdain jalani syuting 'Parts Unknown' di Bali. Salah satu episodenya membahas soal kematian.

Musim ke-12 Parts Unknown di CNN mungkin jadi musim terberat untuk ditonton pencinta Anthony Bourdain alias Tony. Inilah musim terakhir dimana sang chef dan penulis buku ini mengeksplorasi kuliner dari berbagai tempat.

Baca Juga: Episode Terakhir Anthony Bourdain 'Parts Unknown' Akan Tayangkan Kuliner Indonesia

Pada Minggu (07/10), episode Parts Unknown Bali akhirnya ditayangkan. Episode yang syutingnya dilakukan Mei 2018 ini dianggap menyedihkan karena Tony dan temannya sempat mendiskusikan apa yang ingin mereka lakukan setelah mati.

Anthony Bourdain Bahas Kematian di Episode 'Parts Unknown' BaliFoto: CNN

Dalam salah satu adegan terlihat Tony menghadiri upacara pemakaman dan kremasi di Bali. Ia bahkan mengabadikan pengalamannya ikut ngaben dalam video singkat yang diunggah di Instagramnya, anthonybourdain.

Sebelumnya Tony meminta temannya menjelaskan prosesi ngaben tersebut. Anggota keluarga biasanya akan menyalakan korek api untuk mengkremasi orang-orang yang mereka cintai. "Mereka percaya pada kehidupan setelah kematian," ujar sang teman.


Tonton juga 'Hasil Otopsi Anthony Bourdain: Tak Ada Narkoba dan Miras':

[Gambas:Video 20detik]


Ia juga sempat melontarkan candaan pada Tony menyoal jika dirinya meninggal. "Anda ingin mereka (kerabat) menangis, bukan?" tanya temannya. Tony pun berujar, "Tidak, tinggalkan saya di hutan. Saya tidak ingin pesta. 'Dilaporkan meninggal,'" kata Tony. Jawaban Tony seperti mengindikasikan ia ingin berita kematiannya diumumkan.

Tony menambahkan, "Apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saya tidak menarik bagi saya, kecuali hal itu bisa memberi nilai hiburan. Lempar saya ke dalam kayu pemotong daging dan sembur saya ke Harrods, Anda tahu, di tengah-tengah jam sibuk." Ia berseloroh, "Itu akan sangat luar biasa. Saya tidak keberatan diingat dengan cara itu."

Anthony Bourdain Bahas Kematian di Episode 'Parts Unknown' BaliFoto: Instagram anthonybourdain

Adegan-adegan ini pun menimbulkan sejuta pertanyaan bagi para penonton Parts Unknown. Meski banyak orang meneteskan air mata karena kematian Tony, ketiadaan prosesi pemakaman sepertinya akan membuat ia senang jika tahu.

Episode ini lalu diakhiri visualisasi penduduk desa menyebarkan abu ke laut dan yang lainnya menerbangkan layang-layang. Dalam narasinya, Anthony mengatakan, "Semua cerita harus berakhir di pantai. Semua yang baik tetap melakukannya. Mengapa yang satu ini harus berbeda?"

Dalam kunjungan ke Bali yang kedua kali untuk syuting, Tony sempat mencicipi babi guling Pande Egi di Gianyar. Rumah makan di tepi hamparan sawah yang sejuk ini punya sajian babi guling enak.

Kunjungan Tony ke Indonesia bukan hanya ke Bali. Ia juga sempat mencicip masakan Minang di RM Surya dan cicip jajanan pinggir jalan di kawasan Blok M.

Baca Juga: CNN Akan Tayangkan Episode Perjalanan Anthony Bourdain Terakhir di Indonesia


View this post on Instagram

Funeral in Bali

A post shared by anthonybourdain (@anthonybourdain) on May 6, 2018 at 6:25pm PDT

(adr/odi)