Mau Ngopi Kayak Orang Italia, Simak Dulu Panduannya

Devi Setya, Devi Setya - detikFood Kamis, 20 Sep 2018 16:45 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Bagi orang Italia, minum kopi sudah jadi budaya. Dimulai sejak tahun 1500-an, Italia punya gaya ngopi tersendiri yang khas.

Tidak boleh sembarangan, ngopi dengan gaya Italia setidaknya memiliki ciri khas sendiri. Ritual minum kopi di Italia dimulai dengan minum segelas cappuccino bersama menu sarapan. Sementara caffe macchiato dinikmati saat santai sore dan segelas espresso selalu diseruput usai makan malam.

Jika memesan cappuccino setelah jam 11 siang maka Anda otomatis akan dicap sebagai turis dadakan. Dilansir dari Eately (20/9) berikut panduan singkat ngopi ala orang Italia.

1. Kopi pagi
Mau Ngopi Kayak Orang Italia, Simak Dulu PanduannyaFoto: Istock
Pagi hari dimulai dengan menu sarapan yang terdiri dari kue yang dipasangkan dengan kopi susu nikmat. PIlihan kopinya antara lain :

Cappuccino: campuran espresso dan steamed susu dengan takaran yang sama lalu ditambah foamed milk atau busa susu.
Caffè latte: campuran espresso dengan steamed milk yang lebih banyak dan ditambah sedikit foamed milk.
Latte macchiato: steamed susu ditambah dengan sedikit espresso.

Jangan coba memesan tiga jenis kopi susu ini usai jam 11 siang. Orang Italia tidak pernah menikmati kopi susu saat siang hari.

Baca juga : 'Espresso Italiano Exhibition' Ungkapkan Budaya Minum Kopi Italia

2. Waktu tepat minum espresso
Mau Ngopi Kayak Orang Italia, Simak Dulu PanduannyaFoto: Istock
Jika diajak minum kopi oleh orang Italia coba pesan espresso. Kopi ini aman dinikmati kapan saja sepanjang hari. Espresso memang hanya segelas kecil kopi pekat yang rasanya strong.

Kopi ini juga biasa dipesan orang Italia ketika santai sore atau setelah makan. Espresso double shoot bukanlah menu populer di Italia, ketika Anda butuh hentakkan kopi yang lebih strong, lebih baik datangi barista untuk minta dibuatkan kopi spesial untuk Anda.

3. Campuran kopi
Mau Ngopi Kayak Orang Italia, Simak Dulu PanduannyaFoto: Istock
Selama berabad-abad, orang Italia telah menciptakan berbagai varian kopi yang dijadikan campuran espresso. Menu kopinya semakin banyak dengan sensasi rasa yang berbeda-beda juga.

Caffè macchiato: Kopi lembut yang ditandai dengan tambahan busa susu. Tidak hanya untuk minuman sarapan, minuman ini juga bisa dipesan sepanjang waktu.
Caffè corretto: Minuman kopi ini mengandung sedikit alkohol. Biasanya jenis alkohol yang ditambahkan adalah grappa dan sambuca.
Caffè americano: Setelah mencoba kopi tetes di Amerika Serikat, orang Italia memutuskan untuk menawarkan kopi teknik ini kepada wisatawan. Dalam arti lain, kopi ini adalah espresso yang dicampur air panas dalam jumlah banyak.
Caffè lungo: Artinya "Kopi panjang" campuran antara espresso dengan air panas. Namun sensasi rasanya lebih strong dibanding americano.

Kopi di Italia adalah minuman yang dinikmati secara sosial. Jadi di Italia tidak ada cup kemasan kopi yang bisa dibawa pergi.

4. Lihat daerah tempat minum kopi
Mau Ngopi Kayak Orang Italia, Simak Dulu PanduannyaFoto: Istock
Setidaknya ada 20 wilayah di Italia yang memiliki budaya minum kopi yang berbeda. Kenali dulu dimana Anda memesan kopi.

Misalnya di Le Marche Utara, kopi yang populer adalah caffe anisette yakni espresso yang dicampur dengan rempah adas. Sementara di Sisilia ada caffe d-un parrinu yakni kopi yang dicampur cengkeh, kayu manis dan cokelat, sekilas seperti kopi Arab.

Baca juga : Marienda dan Fika, Tradisi Coffee Break di Swedia dan Argentina yang Unik

5. Kopi diminum secara bersama-sama
Mau Ngopi Kayak Orang Italia, Simak Dulu PanduannyaFoto: Istock
Di Italia jangan terkejut jika datang ke bar lalu melihat orang ngopi secara bergerombol. Ini memang bagian dari budaya ngopi di Italia. Kebiasaan ini disebut Al Banco.

Orang Italia selalu menikmati kopi sambil berdiri atau duduk-duduk dengan gelas kopi di tangan masing-masing. Mereka juga terbuka pada orang baru, jadi jika ingin bergabung coba pesan dulu kopi Anda tapi membayar di akhir. (dvs/odi)