Pencinta Kopi, Festival Kopi Internasional akan Digelar di Makassar

Muhammad Taufiqqurrahman - detikFood Kamis, 30 Agu 2018 10:28 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Makassar - Festival Kopi Internasional akan digelar oleh produsen kopi di Indonesia. Kota Makassar, Sulawesi Selatan akan menjadi tuan rumah bagi perhelatan kopi ini.

"Sulsel akan menjadi tuan rumah pelaksanaan hari kopi internasional yang akan dirangkaikan dengan pameran dan kompetisi kopi," kata Pj Sekretaris Daerah Sulsel, Taouto di Makassar, Sulsel, Kamis (30/8/2018).

Baca Juga: Jadi Primadona, Kopi Sempat Picu Perang Dua Kerajaan di Sulsel
Pencinta Kopi, Festival Kopi Internasional  akan Digelar di MakassarFoto: dok. detikFood
Alasan pelaksanaan perayaan di Makassar dikarenakan provinsi Sulsel sebagai salah satu produsen kopi di Indonesia. Saat ini, kopi Sulawesi Selatan diketahui oleh masyarakat umum hanya berasal dari Tana Toraja dan Kalosi. Namun, Taouto menyebut hampir setiap provinsi miliki produksi kopi khusus.

"Kita hanya mengenal kopi Toraja arabika dan jenis robusta. Padahal kabupaten seperti Sinjai, Gowa dan sebagainya juga memiliki produksi kopi," ucapnya.

Nantinya, kopi yang dihadirkan tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi dari berbagai negara penghasil kopi dunia. Seperti Brazil, Vietnam, Kolombia, Ethopia, Peru dan Meksiko.
Pencinta Kopi, Festival Kopi Internasional  akan Digelar di MakassarFoto: dok. detikFood
"Yang terpenting adalah kopi memiliki efek ekonomi untuk memakmurkan petani kopi dan berharap Indonesia, khususnya Sulsel menjadi prosuden kopi urutan pertama di dunia," ujarnya.

Festival Kopi Internasional ini rencananya akan dilaksanakan pada 15 hingga 17 Oktober 2018 mendatang d Makassar. Secara khusus, Taouto berharap festival ini dapat diikuti oleh para wanita pencinta kopi di Indonesia.

Baca Juga: Tahun 1900 Kopi Jadi Alat Barter Senjata di Sulsel Demi Lawan Belanda (sob/odi)