Restoran Meksiko Ini Dikecam Karena Sajikan Tarantula Langka yang Dilindungi

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 16 Agu 2018 18:05 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Mexico City - Tarantula sering dijadikan hidangan. Tapi restoran Meksiko ini dikecam, setelah mengunggah video tarantula langka yang dibakar sebagai isian taco.

Masuk ke dalam kategori 'exotic food' laba-laba berbulu jenis tarantula, populer diolah menjadi makanan yang ekstrem namun digemari banyak orang. Salah satunya seperti restoran Mexico en el Paladar di Mexico City, Amerika Selatan.

Baca Juga: Wow! Di Restoran Ini Ada Burger Berisi Tarantula Panggang
Restoran Meksiko Ini Dikecam Karena Sajikan Tarantula Langka yang DilindungiFoto: Istimewa
Dilansir Munchies (16/08), restoran ini mendapatkan kecaman yang keras dari organisasi perlindungan lingkungan. Pasalnya, mereka menggunakan tarantula jenis Brachypelma yang terancam punah, dan masuk ke dalam hewan yang dilindungi.

Praktik penggunaan tarantula langka ini menjadi viral, setelah Restoran Mexico en el Paladar mengunggah video tarantula hidup yang tengah di torch (bakar). Dalam video tersebut, tarantula dibakar secara berkali-kali. Hingga tarantula sedikit gosong, dan garing.
Restoran Meksiko Ini Dikecam Karena Sajikan Tarantula Langka yang DilindungiFoto: Istimewa
Tarantula langka ini kemudian ditaruh ke dalam tortilla, dengan alpukat halus, dan perasan jeruk limo. Satu porsi taco langka ini dihargai sekitar 500 peso (Rp. 379.000,-).

Harga ini cukup mahal, mengingat taco merupakan 'street food' dengan harga yang murah. Video ini langsung viral di Facebook, dan mendapatkan tanggapan yang serius dari PROFEPA (Federal Environmental Protection Agency).

"Selamat siang, mengingat masukan dan saran dari PROFEPA tentang surat izin menggunakan tarantula sebagai makanan. Restoran kami belum memiliki surat izin tersebut, dan sayangnya kami belum sempat mengurus dokumennya. Kami akan segera mengurus surat izin, dan berhenti menjual tarantula taco," tulis penjelasan dari akun resmi Restoran Mexico en el Paladar di Facebook.
Restoran Meksiko Ini Dikecam Karena Sajikan Tarantula Langka yang DilindungiFoto: Istimewa
Ini bukan pertama kalinya Restoran Mexico en el Paladar mendapatkan teguran. Sebelumnya seorang ahli biologi menegur pihak restoran, sekaligus menjelaskan bahwa tarantula langka tidak seharusnya disajikan ke dalam makanan. Banyak netizen yang menebak bahwa restoran ini membeli tarantula Brachypelma secara ilegal.

Tidak hanya di Meksiko saja, tarantula juga populer di Kamboja sebagai hidangan exotic food berharga tinggi, yang digemari banyak orang.

Baca Juga: Terancam Punah, Tarantula Goreng Khas Kamboja Kini Mahal Harganya

(sob/odi)