Hiii... Wanita Ini Nekat Bikin Sosis Pakai Darah Sendiri

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Agu 2018 18:09 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang wanita asal Belanda melakukan hal tak biasa. Ia penasaran bereksperimen membuat sosis memakai campuran darahnya. Kok bisa?

Aksi Gwen van der Zwan bisa dibilang nekat dan tak lazim. Ia membuat 'blood sausage' menggunakan darah sendiri. Blood sausage sendiri merupakan hidangan berbahan darah babi atau sapi yang dibentuk seperti sosis. Hidangan ini umum dikonsumsi di Polandia dan Korea.

Terinspirasi blood sausage, Gwen coba membuatnya dari darah sendiri. "Banyak orang bilang ide ini menjijikkan. Bagi saya, ketika babi atau sapi disembelih, itulah yang menjijikkan. Darah saya juga punya banyak nutrisi seperti zat besi, vitamin dan mineral seperti darah binatang. Tapi ini hanya menyakiti diri saya, bukan binatang," ujarnya kepada Munchies Vice (27/7).
Hiii... Wanita Ini Nekat Bikin Sosis Pakai Darah SendiriFoto: Istimewa
Baca Juga: Black Pudding Kini Masuk Dalam Daftar Superfood Tahun 2016

Ia tertarik melihat seperti apa proses pembuatan blood sausage memakai darah sendiri. Juga ingin melihat bagaimana reaksi orang-orang.

Langkah pertama adalah Gwen memesan peralatan medis untuk mengambil darahnya sendiri. Mulai dari jarum hingga kantung transfusi. Ia lalu mengambil sekitar setengah liter darah sama seperti jumlah donor darah.
Hiii... Wanita Ini Nekat Bikin Sosis Pakai Darah SendiriFoto: Istimewa
Gwen kemudian meminta bantuan temannya Fayette untuk mengolah blood sausage. Bahannya antara lain lentil, puree tomat, soy sauce dan aneka herba. Sekantung darah lalu dituangkan ke dalam adonan dan dibuat dalam bentuk sosis.

Untuk penyajian, Gwen menambahkan buah bit di piring. Ia lalu mencicip blood sausage buatannya. "Teksturnya bagus dan level kepedasannya sempurna. Sayangnya saya menambahkan terlalu banyak soy sauce sehingga rasa sosis sedikit asin. Tapi tidak buruk," pungkasnya.

Baca Juga: Black Pudding dengan Kandungan Darah dan Kulit Babi Ini Diberi Label 'Halal'

(dvs/odi)