<i>Black Pudding</i> dengan Kandungan Darah dan Kulit Babi Ini Diberi Label 'Halal'

Maya Safira - detikFood Senin, 18 Mei 2015 12:52 WIB
Foto: Express.co.uk
Jakarta - Sebuah perusahaan makanan India meminta maaf kepada konsumen muslim di Inggris. Produk black pudding buatan Punjab Pakora diketahui mengandung babi, padahal tertulis kata 'halal' pada kemasan.

Produk diketahui mengandung jejak darah babi dan kulit babi. Keduanya tertera jelas pada kandungan bahannya.

Black pudding tersebut dijual di rak-rak supermarket Aldi dan secara online. Pada kemasannya terdapat cap UK Health Code serta label 'halal' yang bisa dikonsumsi muslim.

Setelah dihubungi oleh konsumen yang marah karena kontradiksi itu, jaringan Aldi pun meminta maaf dan menekankan akan mengembalikan uang konsumen.

Pakora sendiri menyuplai black pudding ke supermarket Aldi melalui perusahaan Punjab Pakora yang berbasis di Skotlandia. Perusahaan ini memproduksi sederet sajian India.

Pemilik perusahaan, Kushal & Vinita Duggal, mengatakan kesalahan terjadi karena manajer yang bertugas terkait cetak label produk tidak menyadari kekeliruan itu.

"Kesalahan terjadi saat pencetakan dan sayangnya manajer kami tidak melihat error ini dan mendapat persetujuan untuk mencetaknya," ucap Kushal & Vinita Duggal seperti dilansir dari Halal Focus (16/05/2015).

Menurut pemilik Punjab Pakora, mereka telah berusaha keras memperbaiki kesalahan itu dan mengontak klien-klien yang terlibat.

Adapun juru bicara supermarket Aldi mengatakan perusahaannya sedang menginvestigasi insiden tersebut.

"Terkait Punjab Pakora Black Pudding Pakora (Disuplai oleh Punjab Pakora), kami sedang menyelidiki masalah ini dengan penyuplai, yang menyebut kemasan itu salah diberi label bersertifikat halal dan masalah saat ini sedang diperbaiki," tutur juru bicara Aldi.

Masyarakat muslim di Inggris pun menyayangkan Punjab Pakora dan Aldi yang terlambat menyadari kesalahan. Mereka merasa tersinggung karena disesatkan klaim palsu makanan halal atau kebohongan terkait makanan yang dikonsumsi.

Black pudding sendiri merupakan sosis darah yang banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan di Inggris dan Irlandia. Umumnya black pudding terbuat dari darah babi.



(Maya Safira/Odilia Winneke)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com