Gelato dan Es Krim Kekinian

Unik! Paduan Es Krim dengan Ramen Hingga Bentuk Bulldog Sungguhan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 31 Jul 2018 18:40 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Di Jepang es krim banyak dibuat dengan berbagai varian rasa unik. Ada es krim dengan tambahan ramen kemasan, ikan hingga bentuk bulldog. Siapa yang mau?

Kalau biasanya melihat paduan es krim dengan kentang goreng, sudah menjadi hal wajar. Tapi bagaimana ya kalau es krim dipadu dengan ramen kemasan atau katsuobushi? Sepertinya enak.

Selain rasa yang unik, ada juga es krim yang dibuat dengan bentuk tak biasa. Es krim berbentuk bunga mawar hingga es krim menyerupai anjing bulldog kesayangan.

Bagi Anda yang menyukai rasa makanan baru, bisa nih mencoba es krim unik seperti berikut ini.

1. Es krim ramen

Unik! Paduan Es Krim dengan Ramen Hingga Bentuk Bulldog SungguhanFoto: Istimewa

Memadukan es krim dan ramen bukanlah hal yang baru di Jepang. Es krim unik ini bisa ditemui di convenience store 7-Eleven. Pencipta es krim unik ini adalah produsen mie ramen kering dan produsen es krim. Es krim dengan rasa mentega caramel memiliki rasa yang manis dan gurih karena penambahan soy sauce.

Rasanya manis dingin dengan tekstur yang renyah. Es krim bernama Baby Star Ramen on Ice dijual di seluru cabang 7-Elven Jepang dengan harga 213 yen atau sekitar Rp 27.500.

2. Es krim bertopping ikan

Unik! Paduan Es Krim dengan Ramen Hingga Bentuk Bulldog SungguhanFoto: Istimewa

Melihat es krim yang satu ini tentu akan sangat aneh rasanya. Es krim cone dengan taburan whitebait ini terkesan sangat unik. Whitebait merupakan ikan kecil mirip teri yang biasa dicampurkan dalam makanan Jepang. Ikan ini sering dicampur dengan sedikit kecap dan mirin untuk dimakan dengan nasi.

Meskipun tampaknya kurang meyakinkan, tapi penggabungan rasa ikan kecil dengan susu es krim yang lembut bisa jadi tantangan sekaligus pengalaman unik bagi Anda yang mencicip.

3. Es krim rasa cakar kucing

Unik! Paduan Es Krim dengan Ramen Hingga Bentuk Bulldog SungguhanFoto: Istimewa

Es krim ini didedikasikan untuk pencinta kucing dan anjing. Es krim ini dibuat dengan bahan dasar vanilla es krim yang konon dapat menciptakan tekstur serta aroma mirip cakar kucing dan anjing.

Untuk mendapati tekstur yang serupa, es krim dicampurkan dengan potongan marshmallow yang meniru tekstur konsistensi kaki kucing serta kacang-kacangan yang mirip seperti cakar.

Agar lebih autentik, es krim juga ditambahkan dengan beberapa campuran ikan kecil dalam adonannya. Sedangkan untuk cakar anjing dibuat dengan campuran wijen dan karamel popcorn. Mau coba?

4. Es krim bentuk bunga

Unik! Paduan Es Krim dengan Ramen Hingga Bentuk Bulldog SungguhanFoto: Istimewa

Es krim yang dibentuk dengan bantuan sekop bisa dibuat cantik menjadi susunan 'kelopak' yang menyerupai bunga mawar. Semua rasa es krim dengan warna yang berbeda bisa dibentuk menjadi lembaran tipis. Agar lebih menarik, gunakan lebih dari 2 warna agar tampilan es krim tampak cantik.

Selain bisa ditemui di Amerika dan Eropa, es krim bunga mawar juga bisa Anda dapatkan di Vietnam.

5. Es krim katsuobushi

Unik! Paduan Es Krim dengan Ramen Hingga Bentuk Bulldog SungguhanFoto: Istimewa

Di Jepang kini sedang tren mengubah es krim vanilla dengan campuran katsuobushi. Katsuobushi ini merupakan ikan berbentuk mirip seperti serutan kayu yang biasa dijadikan sebagai taburan takoyaki. Es krim vanilla yang diaduk dengan katsuobushi ini memiliki sensasi rasa manis dengan paduan rasa gurih.

Bahkan es krim dengan campuran ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan menyiapkan 200 ml es krim vanilla, 2 gram katsuobushi dan sedikit garam. Pertama, katsuobushi dihaluskan dan campur dengan garam. Kemudian ditambahkan dengan es krim vanilla.

6. Es Krim Bulldog

Unik! Paduan Es Krim dengan Ramen Hingga Bentuk Bulldog SungguhanFoto: Istimewa

Es krim yang dibentuk menyerupai anjing bulldog ini terlihat sangat mirip dengan aslinya. Es krim dipahat hingga menyerupai anjing lengkap dengan lekukan dan kerutan wajah. Saking miripnya, banyak orang yang merasa sayang makan es krim bulldog. Namun beberapa justru merasa seram melahapnya.

Meskipun tampak seram bentuknya, akan tetapi es krimnya punya citarasa enak lho. (lus/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya