Ikon Kuliner Lombok yang Selalu Memikat, Sate Rembiga hingga Bebalung yang Sedap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 30 Jul 2018 10:35 WIB
Foto: dok. detikFood
Lombok - Diguncang gempa, kawasan Lombok tetap memikat wisatawan. Bukan hanya punya pemandangan alam cantik. Ada banyak sajian khasnya yang enak dan sayang dilewatkan.

Selain ayam Taliwang, ada banyak kuliner Lombok yang patut dicicip seperti sate rembiga dan sate bulayak. Menu-menu khas pulau eksotis ini ada di 5 restoran berikut.

1. Warung Sate Rembiga Utama

Mampir ke Lombok, Wajib Cicip Sate Rembiga dan Bebalung di SiniFoto: dok. detikFood


Wilayah Rembiga, Lombok menawarkan sate Rembiga sebagai menu andalan. Menu ini bahkan sudah jadi salah satu ikon kuliner pulau Lombok. Ciri khasnya adalah sate sapi yang empuk dengan rasa pedas enak. Rasa pedasnya diimbangi dengan gurih manisnya baluran aneka rempah.

Ada beberapa penjual sate Rembiga di kawasan Rembiga. Tapi jangan lewatkan Warung Sate Rembiga Utama yang sudah berdiri sejak 29 tahun lalu ini. Racikan sate rembiga di sini terasa empuk, gurih, manis dan pedas enak. Makin enak dimakan pakai lontong berbentuk kerucut yang ikonik.

Baca Juga: Warung Sate Rembiga Utama: Sedapnya Sate Sapi Empuk Berbumbu Manis Pedas Khas Sasak

2. Taliwang H. Moerad

Mampir ke Lombok, Wajib Cicip Sate Rembiga dan Bebalung di SiniFoto: dok. detikFood

Yang juga tak kalah khas dari pulau Lombok adalah sajian ayam Taliwang. Ayam kampung bakar khas desa Taliwang ini dijamin bikin ketagihan. Dari sekian banyak rumah makan ayam Taliwang di Lombok, cobalah mampir ke H. Moerad di Jalan Pelikan, Mataram.

Racikan ayam Taliwang di sini sudah ada sejak tahun 1965. Balutan bumbunya tebal kemerahan dengan aroma cabai sedap menggelitik hidung. Ayamnya dijamin empuk dan gurih karena memakai ayam kampung dibawah 3 bulan. Menu lain yang bisa dicicip di sini adalah beberok dan plecing kangkung segar.

Baca Juga: Taliwang H. Moerad: Pedas Menyengat Ayam Taliwang Legendaris Khas Sasak

3. Warung Dakota

Mampir ke Lombok, Wajib Cicip Sate Rembiga dan Bebalung di SiniFoto: dok. detikFood

Kalau mau sajian ikan saat di Mataram, mampirlah ke Warung Dakota yang istimewa. Pasalnya warung ini adalah warung makan tertua di kawasan Rembiga. Salah satu menu andalannya adalah gurami rajang. Ikan gurami dimasak seperti sup segar berbumbu asam pedas.

Ada juga sate cumi yang kenyal juicy dengan balutan bumbu mirip sate bulayak. Paling pas dimakan bersama nasi hangat. Bonus bersantap di sini adalah menikmati pemandangan hijaunya sawah Mataram yang cantik. Bisa juga bersantap di saung lho!

Baca Juga: Warung Dakota: Menikmati Gurami Rajang Ditemani Hijaunya Sawah Mataram

4. RM Suranadi

Mampir ke Lombok, Wajib Cicip Sate Rembiga dan Bebalung di SiniFoto: dok. detikFood

RM Suranadi di kawasan Suranadi, Narmada juga patut disambangi. Rumah makan ini menyajikan aneka sajian khas suku Sasak. Bangunan yang besar dengan balai-balai kecil membuat RM Suranadi pas didatangi bersama keluarga atau rombongan.

Mampir ke sini pastikan cicip sate bulayak yang dibuat dari daging sapi dengan baluran bumbu kacang khas Sasak. Sate ini biasanya dimakan dengan bulayak yaitu sejenis lontong yang dibuat dari beras kentan dan santan. Cicip juga ayam pelalah dan plecing yang khas di sini.

Baca Juga: RM Suranadi: Sedap Nikmat Sate Bulayak dan Ayam Pelalah Khas Sasak

5. Sate Rembiga Ibu Hj. Sinnaseh

Mampir ke Lombok, Wajib Cicip Sate Rembiga dan Bebalung di SiniFoto: dok. detikFood

Masih di kawasan Rembiga, ada rumah makan Hj. Sinnaseh yang terkenal. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1988 dengan menu andalan sate Rembiga. Racikannya tak kalah pedas dan disukai dari sate rembiga buatan Warung Sate Rembiga Utama.

Selain sate Rembiga, di sini wajib cicip bebalung. Hidangan berkuah khas Lombok ini dibuat dari potongan iga dan tulang daging sapi. Kuahnya asam segar karena dibuat dari asam muda. Dijamin pas untuk hangatkan perut.

(adr/odi)