Warung Dakota: Menikmati Gurami Rajang Ditemani Hijaunya Sawah Mataram

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 19 Jul 2018 11:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Mataram - Singgah di Mataram, mampirlah ke rumah makan tertua di Rembiga. Di sini bisa cicip gurami rajang sambil menikmati sejuknya pemandangan sawah.

Warung Dakota disebut-sebut sebagai rumah makan tertua di kawasan Rembiga, Mataram dengan usia lebih dari 30 tahun. Lokasinya di Jalan Dakota Nomor 2, tak jauh dari deretan rumah makan sate Rembiga yang memang jadi makanan khas wilayah ini.

Warung Dakota: Menikmati Gurami Rajang Ditemani Hijaunya Sawah MataramFoto: dok. detikFood

Menunya tak hanya sate Rembiga, Warung Dakota tawarkan aneka olahan ikan gurami, nila dan ayam. Ada juga nasi goreng Sasak, plecing kangkung dan sup ikan yang bisa dicicip di rumah makan bersuasana asri ini.

Kami tak melewatkan menu andalan Warung Dakota berupa Gurami Rajang (Rp 55.000), Sate Cumi (Rp 35.000) dan Plecing kangkung (Rp 7.000). Sambil menunggu pesanan datang, kami menikmati pemandangan hijaunya sawah yang berada persis di sebelah rumah makan.

Hamparan sawahnya hijau dan menyejukkan mata dengan tiupan semilir angin bikin adem. Sebenarnya kalau mau lebih asyik bisa pilih bersantap di saung yang lokasinya menjorok ke sawah. Sayangnya hanya ada satu saung sehingga sering diminati pengunjung lain.

Warung Dakota: Menikmati Gurami Rajang Ditemani Hijaunya Sawah MataramFoto: dok. detikFood

Gurami Rajang mendarat di meja, mengepul gurih sedap Olahan ikan ini dibuat fresh setelah ada yang memesannya. Ikan guraminya bahkan baru diambil di kolam depan rumah makan yang kami lihat pertama kali saat sampai.

Nampak ikan gurami dibagi jadi 3 potongan cukup besar. Sup ikan lalu ditempatkan dalam wadah tanah liat beralas daun pisang yang sudah dibakar. Ada juga pelengkap potongan tomat dan cabai hijau. Aroma gurihnya yang nikmat langsung membuat perut keroncongan!

Slurrpp! Rasa asam, gurih dan sedikit pedas langsung tercecap saat menyeruput kuah Gurami Rajang. Daging ikan guraminya sangat lembut, manis dan gurih karena dibuat dari ikan fresh.

Warung Dakota: Menikmati Gurami Rajang Ditemani Hijaunya Sawah MataramFoto: dok. detikFood

Bumbu gurami rajang tergolong cukup banyak. Ada bawang putih, bawang merah, asem Jawa, tomat, sereh dan kayu manis yang membuat sup ini hangat berempah. Dijamin memuaskan karena porsinya besar dan harganya terjangkau.

Ingin coba sate selain Rembiga di sini, kami mencoba sate cumi. Berupa potongan cumi bakar berbalur bumbu kacang. Bumbunya mirip sate Bulayak namun lebih kental. Terjejak rasa gurih manis dan sedikit berempah. Kami menduga ada pemakaian rempah seperti ketumbar dan jintan dalam bumbu sate.

Warung Dakota: Menikmati Gurami Rajang Ditemani Hijaunya Sawah MataramFoto: dok. detikFood

Makan siang makin nikmat dengan plecing kangkung buatan Warung Dakota. Rebusan kangkung Lombok yang renyah segar berpadu enak dengan tauge, urap, dan sambal merah mentah. Pedasnya sambal benar-benar mantap dan sukses membuat nambah nasi hangat!

Kalau sedang di Lombok, jangan lewatkan mampir ke rumah makan asri ini. Warung Dakota menawarkan banyak masakan rumahan enak dengan harga terjangkau!

Warung Dakota
Jl. Dakota No. 2
Rembiga, Mataram



(adr/odi)