3 Wanita Punya Usia Lebih dari 110 Tahun, Ternyata Ini Rahasia Makannya!

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 28 Jul 2018 18:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Orang paling tua di Eropa dan Jepang ini baru saja tutup usia. Usianya sudah lebih dari 110 tahun dan ternyata mereka memiliki rahasia hidup panjang.

Orang tertua di Eropa meninggal pekan lalu pada usia 116 tahun. Giuseppina Projetto tinggal di Italia sejak kelahirannya pada tahun 1902 hingga kematiannya pada 6 Juli kemarin. Ia masuk dalam kategori orang tertua kedua di dunia sebelum meninggal. Dikenal sebagai "Nonna Italia", Projetto selalu menikmati hidupnya dengan sikap positif dan makan cokelat setiap hari.
3 Wanita Punya Usia Lebih dari 110 Tahun, Ternyata Ini Rahasia Makannya!Foto: Istimewa
Baca juga: Telur Hingga Sushi Jadi Makanan Panjang Umur Orang Tertua di Dunia

Dikutip dalam Travel and Leisure (12/07), posisi Protejjo pun digantikan oleh Maria Giuseppa Robucci. Ia dinobatkan sebagai wanita tertua di Eropa dan menduduki peringkat ketiga wanita tertua di dunia. Robucci yang berusia 116 tahun ini tinggal di Sardinia.

Pada tahun 2015, ia mendapatkan gelar kehormatan sebagai Walikota tertua di kampung halamannya, poggio Imperiale. Robucci mengungkapkan bahwa rahasia umur panjangnya adalah menjauhkan diri dari alkohol dan rokok hingga saat ini. Terlepas dari itu, faktanya dulu ia pernah mengelola bar dengan suaminya yang meninggal pada tahun 1982.
3 Wanita Punya Usia Lebih dari 110 Tahun, Ternyata Ini Rahasia Makannya!Foto: Istimewa
Robucci memiliki lima anak, sembilan cucu dan enam belas cicit. Ia juga pernah mengatakan bahwa dirinya sangat suka roti dan tomat.

Sedangkan di Jepang juga ada Chyho Miyako yang berusia 117 tahun dan baru saja tutup usia. Ia meninggal setelah beberapa hari diberi gelar oleh Guinness World Records. Miyako yang lahir di Wakayama di wilayah Kansai, Jepang ini lahir pada 2 Mei 1901. Tak hanya dikenal menjadi orang yang sabar, The Sun (27/07) juga mengatakan bahwa ia sangat menyukai sushi dan belut.

Kedua makanan ini disebut-sebut sebagai rahasia umur panjangnya.

Baca juga: Makanan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Pria Tertua Di Dunia

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com