Makanan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Pria Tertua Di Dunia

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 26 Jul 2018 09:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pola makan pria tertua di dunia versi Guinness World Records ini terbilang unik. Walau usianya sudah 113 tahun, ia gemar makan makanan manis.

Masazo Nonaka meraih gelar sebagai pria tertua di dunia versi Guinness World Records. Pria berusia 113 tahun itu tinggal di Ashoro, sebuah pulau bagian utara Hokkaido, Jepang. Ia meraih gelar tersebut setelah Francisco Nunez Olivera, pria tertua di dunia asal Spanyol yang tutup usia di umur 113 tahun pada bulan Februari lalu.

Nonaka lahir di abad ke 20 tepatnya pada 25 Juli 1905. Tak lama setelah Albert Einstein merilis teori relativitas. Keluarganya merayakan hal ini dengan menyajikan sebuah kue berukuran cukup besar. Ini karena Nonaka dikenal sangat menyukai makanan manis, terlebih kue dan permen.
Makanan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Pria Tertua Di DuniaFoto: Istimewa
Baca juga:Inilah 5 Makanan Tertua Dunia yang Umurnya Ratusan Tahun

Di masa mudanya, ia menjalankan bisnis penginapan dan pemandian air panas milik keluarganya. Penginapan itu masih ada hingga kini dan dijalankan oleh cucunya bernama Yuko Nonaka. Dengan demikian, bisnis itu sudah dijalankan oleh 4 generasi di keluarga Nonaka.

Tak hanya menjalankan bisnis keluarganya, Yuko juga sangat memperhatikan sang kakek. Menurutnya pola makan sang kakek biasa saja hanya saja ia sangat menyukai permen.

"Dia suka makan semua jenis permen, baik ala Jepang atau barat. Dia membaca koran setiap hari dan sering berendam air panas," tutur Yuko pada AFP.
Makanan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Pria Tertua Di DuniaFoto: Istimewa
Tak jarang, Nonaka berendam air panas sambil melahap makanan manis seperti permen terlebih kue seperti dilansir Independent UK (10/4). Saat keluarganya merayakan rekor dari Guinness World Records dengan sebuah kue vanilla, Nonaka dengan lahap memakan kue tersebut.

Uniknya, umur Nonaka lebih panjang dibanding ketujuh saudaranya. Bahkan hingga kini, pria itu masih bisa menjalankan kursi rodanya sendiri. "Dia membutuhkan kursi roda untuk berjalan, tapi tubuhnya dalam kondisi yang baik," tutur Yuko.

Jepang sendiri memang dikenal memiliki penduduk yang berumur panjang. Salah satunya, Jiroemon Kimura yang meninggal di usia 116 pada Juni 2013. Tahun lalu saja pemerintah Jepang mengungkapkan ada sekitar 68 ribu orang berusia 100 tahun atau lebih di negaranya.

Baca juga: Ini Makanan yang Jadi Rahasia Panjang Umur Keluarga Tertua di Dunia




Tonton juga 'Pria Jepang Ini Jadi Manusia Tertua di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)