Ini Makanan yang Jadi Rahasia Panjang Umur Keluarga Tertua di Dunia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 02 Agu 2017 13:49 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Pola makan berperan menunjang umur panjang. Secara turun temurun keluarga tertua di dunia ini menyantap hidangan hangat bernutrisi.

Keluarga Donnelly di Country Armagh memegang rekor keluarga tertua di dunia dengan jumlah umur anggotanya mencapai 1.075 tahun. Ada pola makan khusus yang dijalankan ketiga belas anggota keluarga di Irlandia Utara ini.

Baca Juga: Kalau Mau Panjang Umur, Tiru 10 Pola Makan Orang Berusia 100 Tahun Ini

Dikutip dari Metro (31/7), tiap hari mereka menyantap produk lokal nan segar seperti telur free-range dan bacon sampai sayur-sayuran yang ditanam sendiri. Tapi rupanya makan bubur dua kali sehari-lah yang jadi rahasia umur panjang mereka.

Ini Makanan yang Jadi Rahasia Panjang Umur Keluarga Tertua di DuniaFoto: Istimewa

"Kami selalu mengikuti kebiasaan ayah yang menyantap bubur hangat sebelum tidur," ujar Joe Donnelly yang berusia 72 tahun. Racikannya berupa oat yang dimasak dengan susu lalu ditambahkan selai apel di atasnya.

Menurutnya makan bubur oat berkhasiat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Sekaligus mencegah diabetes.

Joe melanjutkan, "Makan bubur oat-nya dua kali sehari, sekitar jam 10 malam dan 7 pagi." Tapi tak bisa dipungkiri, makan buah, sayur dan produk hewani segar turut berkontribusi membuat mereka panjang umur.

Ini Makanan yang Jadi Rahasia Panjang Umur Keluarga Tertua di DuniaFoto: Istimewa

Baca Juga: Overnight Oat Jadi Alternatif Sarapan Sehat yang Trendy

"Kami tak pernah makan produk olahan atau yang sudah terpapar polusi. Kami mengandalkan bahan makanan alami yang kami tanam atau pelihara sendiri," lanjut Joe. Rahasia lainnya adalah keluarga Donelly tidak minum minuman alkohol.

Kini 16 anak keluarga Donelly sudah meninggal. Tersisa 13 orang yang berusia antara 72 hingga 93 tahun.

(adr/odi)