Resmi Dirilis, Ini Resto yang Masuk Michelin Guide Singapura 2018

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 27 Jul 2018 10:30 WIB
Foto: Sethlui Foto: Sethlui
Singapura - Michelin Guide baru saja merilis daftar restoran terbaik Singapura tahun 2018. Sayangnya tak ada satu pun restoran yang mendapat bintang 3.

Rabu malam (25/7), Michelin merilis daftar resto yang masuk dalam Michelin Guide Singapore 2018. Bertempat di Resorts World Sentosa, ada 5 restoran baru yang meraih bintang 1 Michelin. Ada pula 5 restoran yang mampu mempertahankan bintang 2 Michelin yang sudah diraih tahun sebelumnya.

Dikutip dari South China Morning Post (26/7), total ada 44 bintang Michelin yang dianugerahi dalam Michelin Guide Singapura tahun ini. Jumlah bintang ini berkurang dari 47 di tahun 2017. Selain 5 restoran meraih bintang 2, ada 34 restoran meraih 1 bintang Michelin.

Resmi Dirilis, Ini Resto yang Masuk Michelin Guide Singapura 2018Foto: Sethlui

Baca Juga: Inilah Daftar Lengkap Resto Peraih Michelin Guide Pertama Singapura

Menanggapi hal ini, Sebastien Lepinoy dari Les Amis mengaku kecewa dengan Michelin Guide Singapura 2018. Pasalnya tak ada satu pun restoran yang meraih penghargaan tertinggi yaitu bintang 3.

Ia berujar, "Ini menyedihkan untuk Singapura karena banyak turis datang ke Singapura untuk bersantap di restoran. Dua puluh lima persen tamu kami adalah turis dan ketika mereka tahu tidak ada restoran bintang 3 Michelin di sini, mereka akan memilih pergi ke Hong Kong dimana ada 6 restoran di sana yang mendapat 3 bintang."

Sementara itu, Julien Royer selaku chef dan pemilik Odette mengaku senang restorannya dapat 2 bintang. Terlebih usia Odette baru sekitar 2,5 tahun. Menurutnya jika ia mengharapkan 3 bintang sekarang terlalu terburu-buru.

Restoran lain yang dapat bintang 2 adalah Shisen Hanten. Di sini chef Jepang, Chen Kentaro mengolah masakan Sichuan. Ia juga menjadi chef di dua restoran Jepang lain yaitu Shoukouwa dan Waku Ghin.

Adapun 5 restoran baru yang berhasil meraih 1 bintang Michelin adalah Burnt Ends dengan sajian BBQ, Jiang-Nan Chun yang menyajikan makanan Kanton, Ma Cuisine bermenu Prancis, Nouri dengan sajian inovatif dan Sushi Kimura.

Resmi Dirilis, Ini Resto yang Masuk Michelin Guide Singapura 2018Foto: Sethlui

Bintang Michelin dianugerahi berdasarkan kualitas makanan, perpaduan rasa, dan kepribadian chef yang dituangkan dalam sajian mereka. Pertama kali Michelin Guide dengan sistem penilaian bintang diperkenalkan tahun 1931.

Kini Michelin Guide menjadi panduan restoran bergengsi di 25 negara. Di Asia Tenggara, Singapura menjadi negara pertama yang memiliki Michelin Guide.

Berikut daftar lengkap restoran yang meraih Michelin Guide Singapura 2018.

Dua bintang: Les Amis, Odette, Shisen Hanten, Shoukouwa, Waku Ghin.

Satu bintang: Alma, Bacchanalia, Beni, Braci, Burnt Ends*, Candlenut, Cheek by Jowl, Chef Kang's, Corner House, Crystal Jade, Golden Palace, Cut,Garibaldi, Hill Street Tai Hwa Pork Noodle, Iggy's, Imperial Treasure Fine Teochew Cuisine (Orchard), Jaan, Jiang-Nan Chun*, Labyrinth, Lei Garden, Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice and Noodle, Ma Cuisine*, Meta, Nouri*, Putien (Kitchener Road), Rhubarb, Saint Pierre, Shinji (Bras Basah Road), Shinji (Tanglin Road), Summer Palace, Summer Pavilion, Sushi Ichi, Sushi Kimura*, The Song of India, Whitegrass.

Restoran dengan tanda * adalah restoran baru yang berhasil masuk Michelin Guide tahun ini.

Baca Juga: Ini Dia Ramen Gaya Singapura yang Dapat Pengakuan Michelin Guide!



Tonton juga video: 'Mengunjungi Resto yang Sedang Hits di Ubud Bali'

(adr/odi)