Keren! Pasangan Ini Sajikan Makanan dari Limbah di Pesta Pernikahan Mereka

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 20 Jul 2018 13:11 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Semua pasangan memilih makanan terbaik untuk dihidangkan di pesta pernikahan mereka. Tapi pasangan ini justru menyajikan makanan dari limbah untuk para tamunya.

Pasangan Cherie Harris dan Jaimes Mainwaring, punya cara unik untuk memilih makanan yang mereka sajikan di pesta pernikahan mereka. Pasangan yang bersal dari Leeds, Inggris ini memilih makanan yang terbuat dari sisa limbah sebagai menu utama di perayaan spesial itu.

Baca Juga: Kurangi Limbah Makanan dengan Daur Ulang Makanan
Keren! Pasangan Ini Sajikan Makanan dari Limbah di Pesta Pernikahan MerekaFoto: Getty Images
Dilansir Daily Star UK (19/07), pasangan ini menginginkan pesta pernikahan mereka memiliki dampak baik untuk lingkungan. Jadi mereka meminta organisasi The Real Junk Food Project, untuk mengumpulkan makanan sisa dan kadaluarsa yang masih aman untuk dikonsumsi. Kemudian limbah ini diubah menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Cherie dan Jaimes tidak memberi tahu ke semua tamu undangan, bahwa mereka akan mengonsumsi makanan yang terbuat dari limbah makanan. Semua makanan limbah ini dibuat untuk 140 tamu undangan yang datang.
Keren! Pasangan Ini Sajikan Makanan dari Limbah di Pesta Pernikahan MerekaFoto: Istimewa
Menunya juga beragam, mulai dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup. Para tamu dimanjakan dengan bayam dan kari buncis, pai ayam, irisan daging bacon, tortila yang diisi dengan salad khas Meksiko.

Untuk hidangan penutup ada menara donat megah yang menarik perhatian. Selain itu, menu dibagi menjadi tiga, ada menu vegetarian, vegan, hingga menu daging.

"Kami tidak memberi tahu semua tamu, bahwa mereka menikmati makanan hasil olahan limbah. Kami ingin makanan itu berbicara sendiri kepada mereka," tutur Cherie.
Keren! Pasangan Ini Sajikan Makanan dari Limbah di Pesta Pernikahan MerekaFoto: Istimewa
"Semua tamu sangat terkejut dan terkesan. Makanannya benar-benar indah, dan memeriahkan pernikahan kita," lanjut Cherie.

Meski mereka meminta makanan dari limbah, tapi pasangan ini tidak tahu menu apa yang akan disajikan di pesta pernikahan mereka. Melalui The Real Junk Food, organisasi ini berhasil mengumpulkan limbah makanan dari restoran, supermarket, dan gerai makanan cepat saji untuk kemudian diolah menjadi menu makanan yang beragam.

Semua bahan makanan ini didapatkan secara gratis. Cherie dan James hanya perlu membayar biaya persiapan dan pengolahan sekitar £5 (Rp. 85.000,-) per orang. Biaya ini sangat murah, dibandingkan dengan biaya katering pernikahan pada umumnya.
Keren! Pasangan Ini Sajikan Makanan dari Limbah di Pesta Pernikahan MerekaFoto: Istimewa
The Real Junk Food juga memastikan bahwa semua bahan makanan yang digunakan, masih aman untuk dikonsumsi.

"Acara jamuan makan ini telah menghemat 35 kilo limbah makanan, dan 66.5 kg emisi CO2, setara dengan tenaga listrik yang digunakan di rumah pada umumnya," pungkas Emma Buckle, selaku perwakilan dari The Real Junk Food.

Baca Juga: Dengan Alat Ini Limbah Makanan Langsung Diolah Jadi Kompos (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com