Dengan Alat Ini Limbah Makanan Langsung Diolah Jadi Kompos

Annisa Trimirasti - detikFood Rabu, 11 Jan 2017 09:39 WIB
Foto: Designboom
Jakarta - Kompos jadi solusi ramah lingkungan untuk limbah makanan. Dengan alat ini limbah makanan bisa diolah jadi kompos seketika.

Limbah makanan telah jadi masalah di banyak negara. Solusinya pun beragam, mulai dari aplikasi yang menjual makanan sisa restoran, menjual buah walau bentuknya kurang bagus, supermarket khusus limbah makanan, sampai makanan dijadikan denda parkir.

Dari banyak solusi kreatif tersebut, ada solusi mudah sederhana yaitu mengolah sampah makanan jadi kompos. Namun hal tersebut butuh waktu, tenaga juga berbau tajam. Karena harus menambahkan pupuk kandang, serta air beberapa kali agar tetap lembab dan tidak busuk.
Dengan Alat Ini Limbah Makanan Langsung Diolah Jadi Kompos Foto: Designboom
Diberitakan engadget.com (5/1/17), baru-baru ini perusahaan peralatan rumah tangga, Whirpool, menciptakan Zera Food Recycler. Akat yang dapat mengubah sisa makanan menjadi pupuk tanpa banyak energi.

Cara kerjanya sederhana. Pasang alat bentuk tempat sampah ini di dapur , dan buang semua sampah makanan. Kecuali tulang dan biji karena terlalu keras untuk dipotong. Tinggi alat ini pun setinggi meja dapur sehingga mudah membuang sampah, cukup sapu sekali lsapu meja dapur dan semua sampah bekas masak terbuang bersih.

Dengan Alat Ini Limbah Makanan Langsung Diolah Jadi Kompos Foto: Designboom
Alat ini perlu dipasangi karbon filter. Fungsinya untuk mengurangi bau, juga tambahkan aditif nabati untuk bantu proses pemecahan limbah makanan.Aditif ini terbuat dari sabut kelapa dan soda kue. Terbungkus kertas sehingga akan terurai dengan mudah.

Kapasitasnya cukup untuk diisi sampah makanan selama seminggu. Kompos dibuat dengan kombinasi oksigen, kelembaban, panas, dan agitator. Hasil akhirnya adalah tumpukan pupuk segar pada laci bagian bawah. Cocok untuk memupuki rumput dan tumbuhan taman lain. Selain itu juga dilengkapi dengan aplikasi sehingga memungkinkan Anda mengoperasikan dari jarak jauh.

Dengan Alat Ini Limbah Makanan Langsung Diolah Jadi Kompos Foto: Designboom
Zera Food Recycle ditampilkan dalam pameran CES (Consumer Electronics Show) 2017 pada 5-8 Januari lalu dan direncanakan akan dijual pada akhir 2017 seharga $1199 (Rp.16 juta). Jika Anda ingin Zera Food Recycler dengan harga lebih terjangkau, alat ini juga dijual di situs penggalangan dana Indiegogo seharga $699 (Rp.9,3 juta). (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com