Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 17 Jul 2018 15:51 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Minum delapan gelas air per hari hingga tak boleh konsumsi es saat flu ternyata hanyalah sebuah mitos. Begini penjelasan dari para ahli.

Ada banyak mitos soal makanan yang dipercaya hingga kini. Seperti harus minum air delapan gelas sehari hingga cokelat jadi penyebab jerawt. Ternyata semua itu tak seratus persen benar. Para ilmuwan meneliti kebenaran mitos yang tersebar dan hasilnya justru berbanding terbalik lapor Bussines Insider. Seperti 7 mitos ini!

1. Gula sebabkan anak hiperaktif

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: iStock
Mitos ini awalnya muncul di tahun 1974. Saat itu Dr. William Crook menulis sebuah surat yang mengatakan kalau gula membuat anak hiperaktif. "Tiga tahun yang lalu saya menyadari kalau gula... bisa menyebabkan anak hiperaktif," tulis Dr. William seperti dituliskan dalam American Academy Pediatrics.

Namun berdasarkan keterangan National Institute of Mental Health, AS, hal ini sebenarnya masih dalam penelitian lebih lanjut. Walau demikian, banyak para ahli yang justru percaya kalau hal ini sebenarnya tak benar.

2. Cokelat sebabkan jerawat

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: iStock
Selama sebulan, para peneliti melakukan penelitian soal hubungan jerawat dan cokelat. Peneltian tersebut diikuti oleh puluhan orang. Peneliti sengaja membentuk dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi cokelat 10 kali lebih banyak dibanding konsumsi harian peserta. Sedangkan kelompok kedua mengonsumsi cokelat batangan palsu dengan jumlah yang sama.

Para penelitii menghitung jumlah jerawat yang tumbuh di wajah masing-masing orang. Ternyata tak ditemukan perbedaan antara jumlah jerawat kelompok pertama dan kedua. Hal ini membuktikan tak ada hubungannya cokelat dengan jerawat di wajah.

3. Brown sugar lebih baik dari gula putih

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: thinkstock
Brown sugar merupakan salah satu jenis gula pasir. Butirannya agak besar dan warnanya cokelat muda. Karena warnanya, brown sugar disebut lebih menyehatkan dibanding gula pasir biasa atau umum disebut gula putih.

Warna cokelatnya berasal dari penambahan molase. Sebenarnya brown sugar sama dengan gula putih. Jika dilakukan pengilangan lebih lanjut, butiran brown sugar akan berubah menjadi warna putih.

Molase sendiri mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti kalium dan magnesium. Jadi, konsumsi brown sugar maupun gula putih sebenarnya sama saja.

Baca juga: Menurut Ahli Gizi, Ini 5 Mitos Soal Makanan yang Tak Perlu Dipercaya Lagi

4. Es krim sebabkan pilek makin buruk

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: Istimewa
Kala flu hingga pilek menyerang, Anda pasti menjauhkan diri dari minuman dingin terlebih es krim. Beberapa mitos bahkan menyebut minum susu dingin bisa sebabkan produksi lendir berlebih.

Namun berdasarkan keterangan ahli dan dokter di Mayo Clinic, AS, komsumsi es krim justru bisa redakan sakit tenggorokan. "Sebenarnya, produk susu beku bisa redakan sakit tenggorokan dan berikan kalori pada tubuh walau tak makan (makanan lain)," tulis Mayo Clinic di situs resminya.

5. Permen karet tak bisa dicerna usus

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: iStock
Permen karet memang sulit dicerna. Namun sebagian permen karet yang tertelan bisa melewati usus dan dikeluarkan bersama fases. Hal yang menyebabkan masalah serius dalam tubuh terkait permen karet yang tertelan ialah benda lain yang ikut terbawa permen karet.

Salah satunya ialah kasus yang disebutkan oleh Scientific American. Seorang gadis berusia 4 tahun mengalami penyumbatan saluran cerna karena gumpalan permen karet. Setelah menjalankan operasi, permen karet tersebut ternyata berisi empat buah koin.

6. Makan wortel buat pandangan mata tajam

Vitamin A memang baik untuk mata. Wortel sendiri mengandung banyak vitamin A. Tapi mengonsumsi wortel dalam jumlah berlebih tak bisa membuat pandangan Anda jernih.

Mitos pandangan mata jadi tajam jika konsumsi wortel hanyalah propaganda Inggris selama Perang Dunia II. Saat itu, pemerintah Inggris ingin merahasiakan keberadaan teknologi radar yang bisa dikendalikan oleh pilot pengebom di malam hari.

7. Minum air 8 gelas per hari

Terungkap! 7 Hal Seputar Makanan Ini Ternyata Hanya Mitos Foto: Thinkstock
Menghidrasi tubuh memang sangat penting. Tapi minum 8 gelas air per hari bukanlah patokan yang harus dipenuhi tiap orang. Peneliti tak menemukan hubungan antara asupan cairan dan penyakit ginjal, penyakit jantung, kadar natrium maupun kualitas kulit.

Namun manfaat konsumsi air putih ialah air ini tak mengandung kalori. Sehingga jika tak menambah kalori tubuh jika dikonsumsi. Aturan baik dalam mengonsumsi air ialah minum saat haus dan Anda tak perlu menghitung berapa gelas air yang sudah diminum.

Baca juga: Ini 12 Mitos Makanan yang Sebaiknya Tidak Lagi Dipercaya (1) (dwa/odi)