Rekomendasi Tempat Makan

5 Santapan Lezat Mulai Martabak hingga Sate Rekomendasi Kaesang

Devi Setya - detikFood Senin, 16 Jul 2018 11:19 WIB
Foto: instagram @kaesangp Foto: instagram @kaesangp
Jakarta - Sebagai pesbisnis kuliner, Kaesang setidaknya harus tahu berbagai rasa makanan enak di Indonesia. Lewat medsosnya, ia merekomendasikan 5 makanan enak. Apa saja?

Di usianya yang menginjak 23 tahun, Kaesang ini terbilang anak muda tapi selera makannya malah suka yang klasik-klasik. Kalau siang ini masih bingung mau makan atau ngemil apa, coba intip rekomendasi makan dari putra Presiden Jokowi ini. Kaesang bahkan lengkap memberikan rating penilaian untuk rasanya.

1. Pempek Cek Ida, Palembang
5 Santapan Lezat Mulai Martabak hingga Sate Rekomendasi KaesangFoto: instagram @kaesangp
Kalau sedang di Palembang, coba mampir ke kedai pempek Cek Ida. Ada berbagai pilihan menu pempek yang siap memanjakan lidah. Kalau rekomendasi Kaesang ada pempek krispi, pempek campur dan otak-otak.

Makin sedap lagi kalau makannya bersama saus cuko yang pedas, manis gurih. Kedainya boleh sederhana tapi tampaknya rasa pempeknya boleh diadu.

Hasil review Kaesang menunjukkan angka yang bagus. Nilai 9 diberikan untuk rasa pempek krispi, sementara pempek campurnya diberi nilai 7. Kuah cuko dengan nilai 8 menunjukkan rasanya yang enak. Pendampingnya ada otak-otak yang sayangnya hanya mendapat nilai 5 dari Kaesang.

Pempek Cek Ida
Jl. Mujahidin No. 66 Rt 07 Kelurahan Talang Semut
26 Ilir, Palembang
Telepon 085267332227

Baca juga : Review Martabak Har di Palembang, Kaesang Beri Nilai 9 Buat Martabak Sayur

2. Martabak Har, Palembang
5 Santapan Lezat Mulai Martabak hingga Sate Rekomendasi KaesangFoto: instagram @kaesangp
Masih di kota Palembang, ada makanan yang wajib dicicip yakni martabak Har. Martabak telur gaya India ini disajikan dengan kuah kari kental berempah.

Variannya ada beragam mulai martabak sayur dengan kentang, hingga daging dan ayam cincang. Martabak ini juga bisa dipilih mau menggunakan telur ayam atau telur bebek. Martabak ini juga cukup legendaris jadi kurang afdol kalau tak menjajalnya.

Kaesang sendiri mencoba dua jenis martabak. Menurutnya martabak paling enak martabak sayur yang ia beri nilai 9/10. Martabak telurnya hanya mendapat nilai 6/10 dan dibilang agak aneh rasanya.

Selain martabaknya, Kaesang juga memberi nilai 9 untuk kuah karinya. Sementara sate ayam hanya mandapat nilai 7.

Martabak Har
Jalan Jendral Sudirman, Ilir Timur
Palembang
Telepon (0711) 358432

3. Martabak Puspasari, Solo
5 Santapan Lezat Mulai Martabak hingga Sate Rekomendasi KaesangFoto: Instagram @kaesangp
Selain martabak Har di Palembang, Kaesang juga merekomendasikan martabak dari kota kelahirannya, Solo. Ada martabak Puspasari yang terkenal dengan sajian martabak telurnya.

Selain telur, martabak ini juga diisi dengan daging cincang dan daun bawang. Gurih lembut martabak ini diimbangi dengan kriuk renyah bagian kulitnya.

Selain bisa membelinya langsung ke kedai, martabak ini juga bisa dipesan lewat layanan ojek online, seperti yang dilakukan Kaesang. Untuk rasa, Kaesang berani membeli nilai 9 karena enak dan rasanya tidak terlalu asin. Sementara nilai 6 diberikan untuk tekstur.

"Tadi pesan lewat gojek, kriuk sama kressnya jadi hilang padahal kalo beli sendiri super krispi. Kalo makan setelah jadi, mungkin nilainya 10."

Martabak Puspasari
Jalan Dr. Radjiman (sebelah timur Pasar Kembang)
Solo
Telepon (0271) 667713/08562522261

Cabang
Jl Honggowongso(depan Sepatu Bakti)
Telepon 081327131086

Jl. Slamet Riyadi (barat Pizza Hut)
Telepon 081329424640

Baca juga : Cicip Martabak Telur Puspasari, Kaesang : Ini Martabak Paling Enak

4. Mie Ayam Goreng Mekaton, Sleman
5 Santapan Lezat Mulai Martabak hingga Sate Rekomendasi KaesangFoto: instagram @kaesangp
Bergeser ke Jogjakarta, ada mie ayam goreng Mekaton yang unik. Mie di warung ini dibuat sendiri jadi tekstur dan kesegarannya terjamin. Ini salah satu alasan yang membuat rasa mie ayam goreng Mekaton selalu ngangeni.

Mie disajikan dengan sayuran rebus, topping ayam cincang berbumbu serta acar mentimun. Tampilannya sederhana tapi rasanya juara. Mie ayam ini bahkan dipuji Kaesang dengan kalimat "Gak perlu dinilai, ini rasanya enak banget. Harus coba."

Mie Ayam Goreng Mekaton
Jalan Kebon Agung, Sowokaton, Margokaton, Seyegan
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta
Telepon : 082145534227


5. Sate Samirono, Jogja
5 Santapan Lezat Mulai Martabak hingga Sate Rekomendasi KaesangFoto: instagram @kaesangp
Makan seporsi nasi hangat dengan lauk sate dan tongseng memang menggoda selera. Di Jogja ada Sate Samirono yang bisa jadi tujuan memanjakan lidah.

Menu andalannya mulai sate kambing, tongseng, sate ayam hingga tongseng ayam. Warung sate ini sudah ada sejak lama, bahkan jadi langganan Kaesang setiap ke Jogja.

Menurut Kaesang, menu paling enak adalah tongseng ayam yang ia beri nilai 9/10. Sementara sate kambing hanya mendapat nilai 7 karena rasanya berubah dan teksturnya lebih alot. Nilai 7,5 untuk tongseng kambing karena rasa kuahnya kurang pedas.

Di warung ini juga Kaesang mencicip sate ayam klatak namun nilainya hanya 5 dan ia agak menyesal sudah memilih menu ini.

Sate Samirono
Jalan Colombo No 105/38, Caturtunggal, Depok
Yogyakarta
Telepon (0274) 541287 (dvs/odi)