Mie Nusantara

Di Jogja, Ada Mie Legendaris yang Enak Sedap di 7 Tempat Ini

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 13 Jul 2018 17:23 WIB
Foto: detikFood
FOKUS BERITA Mie Nusantara
Jakarta - Selain gudeg, Jogja juga punya beragam makanan enak. Salah satunya deretan mie ayam legendaris, yang sudah terkenal kelezatannya.

Di Jogja, banyak kedai yang menawarkan menu mie ayam enak. Kenyalnya mie, dipadukan dengan irisan daging ayam, daun bawang, dan pangsit renyah, selalu menjadi hidangan favorit. Di 7 warung mie ini Anda bisa mencicipi mie enak.


Baca Juga: Nikmatnya Mie Tumis hingga Goreng Berbumbu Kari dari Aceh


1. Mie Ayam Goreng Mekaton
Di Jogja, Ada Mie Legendaris yang Enak Sedap di 7 Tempat IniFoto: iStock/detikFood
Sudah ada sejak 20 tahun yang lalu, Mie Ayam Mekaton dikenal sebagai kedai mie pertama di Jogya yang menyajikan menu mie ayam goreng. Jika biasanya mie ayam disajikan dengan kuah, di kedai ini mie ayam merupakan hasil osengan yang disajikan lengkap dengan daging ayam dadu dan daun bawang.

Untuk masalah rasa, gurihnya mie ayam goreng ini sudah tidak diragukan lagi. Sang pemilik, menggunakan resep turun temurun dari keluarganya. Meski menggunakan bumbu yang hampir sama dengan mie ayam lain, mie goreng ini rasa mericanya kuat.

Mie Ayam Goreng Mekaton Syegan
Jl. Kebon Agung, Sowokaton.
Sleman, Yogyakarta.
Telepon: 0821-4553-4227



2. Mie Ayam Grabyas
Di Jogja, Ada Mie Legendaris yang Enak Sedap di 7 Tempat IniFoto: catatankecilku

Di wilayah Malioboro, ada lesehan kaki lima yang menyajikan mie ayam enak hingga malam hari. Sudah ada sejak 20 tahun yang lalu, di sini menu yang paling laris adalah, Mie Ayam Grabyas yang terdiri dari mie, potongan daging ayam, dan grabyas. Grabyas merupakan kulit ayam yang digoreng garing, kemudian ditumbuk hingga halus. berbentuk remahan dan ditaburkan
ke atas mie ayam, membuat rasa mie ini semakin unik.

Rasa mie yang enak, membuat puluhan orang rela mengrantre di lesehan sederhana ini. Semua mie di sini dibuat sendiri, dengan kuah kaldu yang terasa kental dan paduan daun bawang. Semangkuk mie grabyas dihargai Rp. 10.000,- saja, sementara semangkuk mie grabyas komplet dihargai Rp. 12.000,-. Di sini Anda juga bisa membeli grabyas renyah di toples, seharga Rp. 30.000,- untuk oleh-oleh.

Mie Ayam Grabyas RED DOOR
Jl. Malioboro No.60, Suryatmajan.
Danurejan, Yogyakarta.


3. Mie Ayam Kang Slamet
Di Jogja, Ada Mie Legendaris yang Enak Sedap di 7 Tempat IniFoto: Raraqyut
Kedai mie ayam yang satu ini terkenal dengan sajian mie khas yang berasal dari Gunungkidu. Telah berjualan lebih dari 10 tahun yang lalu. Terletak di jalan Karanglo Ngori, kedai Mie Ayam Kang Slamet tidak pernah sepi dari pengunjung. Menu legendaris di sini, ada Mie Ayam Srirasa Jatiayu Kang Slamet, terdiri dari semangkuk mie ayam berukuran kecil atau besar, extra sawi rebus yang lembut, topping daging ayam dadu dengan kuah kental.

Rasa manis dan gurih mendominasi mie ayam di sini. Di sini, pengunjung bisa menyantap mie ayam dengan tambahan pangsit goreng, tahu bakso, dan kerupuk renyah yang tersedia di atas meja makan. Puas menyantap mie ayam, kedai ini punya camilan pisang goreng yang enak dan masih hangat.


Mie Ayam Kang Slamet
Jl. Karanglo, Jagalan, Kotagede.
Bantul, Yogyakarta


4. Mie Ayam Ibu Tumini
Di Jogja, Ada Mie Legendaris yang Enak Sedap di 7 Tempat IniFoto: JogjaCullinary
Salah satu kedai mie ayam legendaris yang paling dikenal banyak orang. Ciri khas kedai mie ayam ini, terletak di racikan mie yang sederhana, klasik, namun cita rasanya sudah tidak perlu diragukan.

Kedai mie ayam ini sudah ada sejak 20 tahun lalu, dengan racikan mie yang tebal dan kenyal. Rasanya semakin enak, ketika disiram dengan kuah kaldu pekat, yang telah ditambahkan dengan aneka rempah dan bumbu. Selain dari kuah, potongan daging ayam yang lembut, semakin menambah selera. Jangan lupa pesan juga mie ayam ceker, atau tambahan ekstra sawi yang jadi ciri mie ayam khas Jogja.

Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu
Jl. Imogiri Timur No.187.
Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta.
Telepon: (0274) 410334


5. Mie Ayam Pak Kliwon

Di Jogja, Ada Mie Legendaris yang Enak Sedap di 7 Tempat IniFoto: Istimewa
Tidak ada restoran atau kedai istimewa, mie ayam legendaris yang satu ini hanya bermodalkan tenda dan gerobak sederhana. Namun, cita rasa kelezatan mie-nya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sudah berjualan lebih dari 30 tahun, gerobak Mie Ayam Pak Kliwon selalu mangkal di depan SMAN 1 Yogyakarta. Banyak anak sekolah, pelanggan setia, hingga penggemar mie mencicipi mie ayam gerobak yang satu ini. Menu yang ditawarkan ada mie ayam polos, mie ayam jamur, hingga mie ayam pangsit jamur. Mie di sini punya rasa yang gurih, asin, dan segar. Bumbunya kental dan pangsitnya yang lembut.

Mie Ayam Pak Kliwon
Jl. Prof. Dr. Amri Yahya, Pekuncen.
Wirobrajan, Yogyakarta.


6. Mie Ayam Bangka Pak Harun
Di Jogja, Ada Mie Legendaris yang Enak Sedap di 7 Tempat IniFoto: Istimewa
Meski banyak kedai mie ayam, tapi masih jarang kedai mie yang menyajikan mie ayam Bangka. Berbeda dengan mie ayam pada umumnya, di kedai mie ayam Bangka milik Pak Harun yang berada di Tegalrejo, punya racikan mie Bangka yang khas.

Kedainya selalu dipenuhi oleh pelanggan yang mengantre, sejak kedai ini dibuka pertama kali di tahun 1998. Banyak pilihan menu mie. Seperti mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam komplit, hingga mie ayam jumbo pangsit. Semangkuk mie ayam Bangka, disajikan dengan kuah terpisah, taburan tauge dan sawi, dan daging ayam cincang yang gurih.

Mie Ayam Bangka Pak Harun
Jl. HOS Cokroaminoto No.96B.
Tegalrejo, Yogyakarta.

Baca Juga: Uniknya Mie Ongklok Khas Wonosobo yang Berkuah Kental

7. Bakmi Kadin
Di Jogja, Ada Mie Legendaris yang Enak Sedap di 7 Tempat IniFoto: myeatandtravelstory
Kalau berbicara tentang kedai mie yang legendaris. Bakmi Kadin yang berada di wilayah Mergangsan, masuk ke dalam kuliner legendaris yang harus dikunjungi. Pasalnya kedai bakmi ini telah ada sejak tahun 1947. Kedai ini terkenal dengan racikan bakmi Jawa yang khas dan bikin kangen.

Di sini bisa pesan bakmi godok atau bakmi goreng yang mantap. Bakmi ini bisa jadi alternatif, bagi Anda yang bosan dengan menu mie ayam yang itu-itu saja. Bakmi khas jawa ini, berisi ati ampela, kepala ayam, mie kuning, bawang goreng, kol, telur dan tomat segar.

Bakmi Kadin
Senopati, Jl. Bintaran Kidul No.6.
Wirogunan, Yogyakarta.
Telepon: (0274) 373396


(sob/odi)
FOKUS BERITA Mie Nusantara