Mie Nusantara

Nikmatnya Mie Tumis hingga Goreng Berbumbu Kari dari Aceh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 10 Jul 2018 16:13 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Mie Nusantara
Jakarta - Ada banyak varian mie Nusantara lezat. Termasuk mie Aceh berbumbu kari dengan isian royal. Mau goreng, rebus atau tumis, sama enaknya.

Negeri Serambi Mekkah punya kuliner khas berupa mie. Namanya mie Aceh dengan balutan bumbu kari yang gurih pekat.

Racikan mie ini istimewa karena memakai mie hokkian sebagai bahan utamanya. Mie yang tebal dan kenyal ini ditumis bersama bumbu halus seperti cabe rawit, lada, kunyit, jinten, bawang putih bawang merah dan kapulaga.

Nikmatnya Mie Tumis hingga Goreng Berbumbu Kari dari AcehFoto: dok. detikFood

Makin lengkap karena mie Aceh ditambahkan sayuran. Mulai dari irisan kol, tauge hingga daun bawang. Pelengkapnya ada emping, irisan mentimun dan jeruk nipis.

Baca Juga: Mie Aceh Bang Har: Pedas Berempah Mie Goreng Aceh Berharga Ekonomis

Mie Aceh tersedia dalam versi rebus, tumis dan goreng. Perbedaannya ada pada metode memasaknya. Mie Aceh rebus menggunakan banyak kuah, sementara tumis hanya sedikit sehingga menghasilkan tekstur nyemek.

Lain lagi dengan mie Aceh goreng yang kering karena mie ditumis bersama bumbu saja, tanpa diberi kuah. Tiap racikan mie Aceh ini bisa ditambahkan topping sesuai selera. Yang paling favorit adalah mie Aceh kepiting.

Varian mie ini biasanya jadi pilihan menu termahal di rumah makan mie Aceh. Kepiting utuh disajikan bersama cangkangnya dalam mie. Paduan bumbu mie Aceh yang gurih dengan daging kepiting yang manis gurih membuat banyak orang meyukainya.

Nikmatnya Mie Tumis hingga Goreng Berbumbu Kari dari AcehFoto: dok. detikFood

Tapi kalau tak mau kepiting, ada mie Aceh dengan paduan topping daging sapi, seafood atau daging ayam. Tinggal dipilih saja sesuai selera.

Menikmati mie ini di Jakarta juga tak sulit. Pasalnya ada banyak rumah makan Aceh ternama di Jakarta. Daftar tempatnya bisa dilihat di artikel di bawah ini.

Baca Juga: Sedapnya Mie Aceh yang Pedas Gurih Ada di Sini (adr/odi)
FOKUS BERITA Mie Nusantara