6 Hidangan Lezat Kroasia, Makanan Ratu hingga Makanan Hitam Pekat

Devi Setya - detikFood Senin, 09 Jul 2018 15:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selain unik karena negaranya berbentuk bulan sabit, Kroasia juga terkenal dengan makanan khasnya yang unik. Ada makanan apa saja?

Lokasinya yang ada di Benua Eropa, makanan Kroasia banyak dipengaruhi negara-negara sekitarnya. Beberapa makanan Kroasia bahkan mirip dengan olahan hidangan Italia, Austria bahkan hingga kudapan Turki.

Dilansir dari Frank About Croatia (9/7) berikut 6 hidangan khas Kroasia yang cukup populer.

1. Crni rizot
6 Hidangan Lezat Kroasia, Makanan Ratu hingga Makanan Hitam PekatFoto: Istimewa
Hampir semua restoran seafood di Kroasia memiliki menu crni rizot. Dalam bahasa Indonesia, makanan ini berarti risotto hitam. Ya, warnanya memang hitam pekat karena mengandung tinta cumi yang cukup banyak.

Dalam seporsi crni rizot, isiannya ada pasta risotto yang dilengkapi dengan cumi-cumi dan kerang. Setiap usai makan hidangan ini, biasanya orang-orang akan memamerkan senyum dengan bibir dan gigi hitam pennuh tinta cumi.

Baca juga : Ini Makanan Khas 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala Dunia

2. Pasticada s njokima
6 Hidangan Lezat Kroasia, Makanan Ratu hingga Makanan Hitam PekatFoto: Istimewa
Hidangan ini disebut sebagai masakan ratu Dalmatian. Biasanya orang Kroasia membuat makanan ini sebagai hidangan sehari-hari.

Terbuat dari daging sapi muda yang direndam dalam cuka anggur selama beberapa hari lalu kemudian dimasak perlahan hingga jus dari dagingnya keluar. Makanan ini disajikan bersama gnocchi. Sekali mencicip makanan ini, rasanya akan teringat terus.

Sayangnya, proses memasak yang lama dan bahan bumbu yang terbilang mahal membuat hidangan ini menjadi agak langka. Kalau sangat penasaran, bisa datang ke Dalmatian agar bisa mencicip rasa yang autentik.

3. Hobotnica ispod peke
6 Hidangan Lezat Kroasia, Makanan Ratu hingga Makanan Hitam PekatFoto: Istimewa
Hidangan ini dimasak dengan metode yang unik. Campuran daging, seafood dan sayuran dimasukkan dalam wadah berbentuk lonceng. Kemudian campuran ini dimasak di atas bara api. Cara memasak seperti ini juga ditemukan di Bosnia dan Montenegro.

Proses pemasakannya berlangsung selama dua jam. Terkadang masakan ini juga ditambahkaan madu atau rempah khas Mediterania untuk memperkaya rasanya. Selain daging sapi, hidangan ini juga bisa dibuat dengan gurita campur kentang.

4. Skampi na buzaru
6 Hidangan Lezat Kroasia, Makanan Ratu hingga Makanan Hitam PekatFoto: Istimewa
Hidangan ini dimasak dengan metode yang disebut buzara. Biasanya teknik ini digunakan untuk memasak udang dan kerang. Masyarakat di pesisir Kroasia termasuk yang paling banyak menggunakan metode memasak ini.

Udang dan kerang dimasak sebentar dengan anggur putih, bawang putih, peterseli dan remah roti. Terkadang pasta tomat juga ditambahkan sebagai perasa. Makan makanan ini harus dengan tangan supaya makin seru dan makin terasa lezat.

5. Manestra
6 Hidangan Lezat Kroasia, Makanan Ratu hingga Makanan Hitam PekatFoto: Istimewa
Menu ini terbilang hidangan paling populer di Kroasia. Hampir semua restoran menyajikan menu ini. Pada dasarnya, ini adalah sup kacang yang dimasak perlahan dengan api kecil.

Sekarang manestra sudah dibuat dengan berbagai varian. Yang paling banyak diburu adalah manestra od bobici atau sup kacang dengan jagung dan jota atau sup kacang dengan sauerkraut.

Baca juga : Kroasia Sediakan Makanan dan Wisata Halal Bagi Turis

6. Arancini
6 Hidangan Lezat Kroasia, Makanan Ratu hingga Makanan Hitam PekatFoto: Istimewa
Arancini adalah permen tradisional Kroasia Selatan yang terbuat dari manisan kulit jeruk. Selain dimakan sebagai camilan, arancini juga bayak dijadikan buah tangan bagi traveler yang berkunjung ke Kroasia.

Untuk membuatnya, kulit jeruk diiris tipis memanjang lalu direndam dalam air selama seminggu. Kemudian ditiriskan lalu direbus dalam air dan gula selama 30 menit. Saat masih hangat, kulit jeruk ini dilapisi dengan gula pasir. (dvs/odi)