Kroasia Sediakan Makanan dan Wisata Halal Bagi Turis

- detikFood Rabu, 06 Feb 2013 12:31 WIB
Foto: Halal Focus
Jakarta - Konsumsi produk halal sudah menjadi trend di dunia. Karenanya makin banyak pihak tertarik untuk membuka restoran halal, termasuk di wilayah yang minoritas Muslim. Seperti di Kroasia, yang juga menyediakan destinasi kuliner yang lezat dan halal.

Kroasia memiliki sejarah panjang akan masuknya agama Islam di negaranya. Kroasia juga sangat peduli akan status halal makanan dan produ lainnya. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya The Center for Halal Quality Certification tahun 2010 oleh Islamic Community of Croatia. Lembaga ini membantu melindungi dan mempromosikan fasilitas yang dibutuhkan umat muslim.

Selain pendampingan dalam memproses makanan halal, lembaga ini juga memfasilitasi adanya rumah ibadah, hingga penunjuk arah kiblat. Mereka juga memberikan sertifikat resmi bagi hotel dan resort yang memenuhi Halal Standard HRN BAS 1049:2010.

"Karena kerja keras institusi ini, kita bisa menjuluki Kroasia sebagai pemimpin regional dalam hal ketersediaan makanan halal. Kami juga berharap trend ini akan berlanjut," tutur Aldin Dugonjic, anggota dari Halal Quality Center Supervisory Board dalam Halal Focus (01/02/2013).

Untuk aktivitas bisnis ataupun berlibur, beberapa hotel sudah siap dengan segala fasilitas halal. Dari suasana, pelayanan yang berkualitas, dan tentunya makanan halal. Termasuk di dalamnya hotel Aristos, The Esplanade, dan The Westin di kota Zagreb, Art di Slavonski Brod, Hotel Turist di Varazdin, dan juga Baska di pulau Krk.

Makanan halal diartikan sebagai makanan yang dari komposisi, cara pengolahan, hingga penyajiannya mengikuti kaidah agama Islam. Namun tak hanya bisa dinikmati umat muslim, karena makanan halal lebih sehat, terjaga dan higienis. Halal Focus mengungkap sebuah studi jika dari 6 juta pengunjung restoran halal, jumlah angka pengunjung muslim tak sampai setengahnya.

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com