Ternyata Ini Alasannya Kenapa Orang Korea Makan Pizza dengan Acar

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 28 Jun 2018 10:22 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Di Korea, acar menjadi hidangan pendamping layaknya sambal. Ternyata ada alasan, mengapa orang Korea suka makan acar dengan berbagai makanan khususnya pizza.

Jika orang Indonesia tidak bisa lepas dari sambal, orang Korea tidak bisa lepas dari acar. Tidak hanya menyantapnya dengan nasi, atau makanan khas Korea saja, tapi hingga pizza dan pasta disajikan dengan acar.
Ternyata Ini Alasannya Kenapa Orang Korea Makan Pizza dengan AcarFoto: Istimewa
Baca Juga: Kimchi dan Acar, Makanan Fermentasi Bernutrisi Hebat

Pizza berasal dari Italia, dan punya citarasa yang digemari banyak orang. Rupanya pizza dirasa terlalu gurih dan sedap bagi orang Korea. Sehingga semua restoran pizza di Korea, selalu menyelipkan acar segar sebagai hidangan pendamping.

Banyak wisatawan asing mulai bertanya mengapa pizza di Korea selalu disajikan dengan sepiring acar.

"Saya menyadari ketika orang Amerika atau Kanada berbicara tentang pizza di Korea, mereka selalu bertanya mengapa pizza disajikan dengan sepiring acar. Beberapa orang berpikir itu menjijikkan, dan tidak cocok untuk disantap dengan pizza," tutur salah satu anggota perkumpulan Ibu di Korea, Kimchi Mamas dilansir Next Shark (28/06).
Ternyata Ini Alasannya Kenapa Orang Korea Makan Pizza dengan AcarFoto: Istimewa
Ternyata ada alasan tersendiri di balik kemunculan acar di pizza.

"Orang Korea sulit menerima rasa keju, butter, dan makanan Barat yang gurih. Sehingga disajikanlah acar, untuk menetralisir rasa gurih dari makanan yang mereka santap," ujar anggota Kimchi Mamas tersebut.

Menurutnya, kebanyakan orang Korea selalu menyantap acar atau kimchi setelah mereka memakan pasta atau pizza. Jadi hadirnya acar dalam kotak pizza di Korea, merupakan hal yang lumrah.

Tonton juga 'Ingin Tahu Semua Tentang Kimchi? Singgah Ke Museum Ini':

[Gambas:Video 20detik]

Selain anggota Kimchis Mama, seorang wisawatan asing bernama Kristen Sun juga membagikan pengalamannya tentang fenomena acar ini.

"Ada hal unik tentang restoran Italia di Korea, teman saya yang orang Korea mengingatkan saya bahwa mereka menyajikan pasta dengan acar. Karena orang Korea merasa bahwa saus pasta terlalu gurih, dan creamy untuk selera meraka. Sehingga tidak aneh, melihat orang menyantap kimchi dengan pasta," tutur Kristen.
Ternyata Ini Alasannya Kenapa Orang Korea Makan Pizza dengan AcarFoto: Istimewa
Meski menimbulkan pro dan kontra di luar orang Korea, acar tetap digemari dengan pizza. Banyak yang merasa bahwa acar tidak memberikan rasa aneh di pizza.

Selain itu acar juga memiliki rasa yang mirip dengan kimchi, jenis asinan sayur hasil fermentasi yang pedas segar.

"Sekarang, saya tidak tahu bagaimana kalian menyukai acar di burger. Tapi sekarang, banyak orang yang gemar memakan apapun dengan acar. Kimchi, sebagai sayuran acar memiliki rasa yang serupa dan lebih umum di budaya orang Korea," ujar pengguna situs Reddit, Alex Kim.

Baca Juga: Acar Goreng Tepung yang Renyah Asam Kini Sedang Hits
Ternyata Ini Alasannya Kenapa Orang Korea Makan Pizza dengan Acar
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com