Basic Cooking

Sayur Asem Enak Bisa Dibuat dengan 5 Trik Praktis Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 27 Jun 2018 15:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Basic Cooking
Jakarta - Sayur asem yang dibuat dengan cara benar, tentu rasanya nikmat. Paduannya bisa berupa tempe goreng, ikan goreng, ayam hingga sambal. Yuk, bikin!

Ada beberapa cara yang sering digunakan dalam proses pembuatan sayur asem. Ada yang bening kemerahan. Ada juga yang merah kerih karena memakai kemiri dalam bumbu yang dihaluskan

Keduanya sama-sama enak. Disantap hangat-hangat, sayur asem bisa dinikmati dengan lauk sederhana dan tambahan sambal. Berikut ini beberapa trik praktis dalam mengolah sayur asem agar hasilkan rasa yang enak.

Baca juga: Resep Sayur: Sayur Asem Betawi

Sayur Asem Enak Bisa Dibuat dengan 5 Trik Praktis Ini!Foto: iStock

1. Rebus sayuran

Untuk membuat sayur asem, sayuran yang dicampurkan adalah kacang panjang, melinjo, daun melinjo, nangka muda, labu siam, jagung manis hingga kacang tanah. Sebelum memasukkan sayuran, sebaiknya rebus air terlebih dulu sampai mendidih.

Setelah itu masukkan sayuran yang memiliki tekstur keras seperti jagung, melinjo, nangka muda dan kacang tanah. Kemudian baru masukkan sayuran yang lebih empuk teksturnya seperti labu siam dan daun melinjo. Lalu masukkan bumbu yang sudah diracik.

Sayur Asem Enak Bisa Dibuat dengan 5 Trik Praktis Ini!Foto: iStock

2. Bumbu

Bumbu yang digunakan untuk membuat sayur asem adalah bawang putih, bawang merah, cabai merah, gula dan garam yang sudah dihaluskan.

Masukkan bumbu langsung direbus dengan sayuran. Rebus beberapa saat hingga bumbu meresap.

Sayur Asem Enak Bisa Dibuat dengan 5 Trik Praktis Ini!Foto: iStock

3. Tambahkan terasi

Terasi yang ditambahkan ke dalam masakan dapat menghasilkan aroma yang khas. Sebelum menambahkannya ke dalam bumbu atau rebusan sayur asem. Sebaiknya terasi terlebih dulu dimatangkan dengan cara dibakar agar rasanya lebih enak.

Sayur Asem Enak Bisa Dibuat dengan 5 Trik Praktis Ini!Foto: iStock

4. Tambahkan buah asem

Kuahnya yang gurih segar dengan sensasi asam ini didapatkan dari campuran buah asam Bisa dipakai asam Jawa muda atau yang tua. Jika memakai asam muda rebus dulu sampai lunak benar lalu haluskan dan saring airnya. Jika memakai asam Jawab yang tua, lartuken dengan sedikit air hingga mendapatkan cairan kecokelatan lalu saring dan masukkan ke dalam sayur asam.

Sayur Asem Enak Bisa Dibuat dengan 5 Trik Praktis Ini!Foto: iStock

5. Makan dengan lauk pelengkap

Sayur asem paling cocok dinikmati dengan sambal pedas, ikan asin, tempe goreng, ikan goreng hingga ayam goreng. Makin lengkap ketika dipadu bersama dengan nasi hangat. Beberapa jenis sayur asem juga sering ditambahkan dengan jengkol ataupun oncom. Sayur asem yang dibuat dengan gaya ini adalah sayur asem khas Betawi.

Baca juga: Bukan Jengkol Biasa, Ini Jenis Jengkol yang Digunakan H. Masa untuk Sayur Asem (adr/odi)
FOKUS BERITA Basic Cooking