Apa Arti 'Brencheese,' Kata Baru dalam Kamus Oxford?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 27 Jun 2018 12:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kamus Oxford English baru saja memasukkan kata baru dari kategori makanan. Namanya 'Brencheese.' Apa ya artinya?

Oxford English Dictionary rutin memasukkan kosa kata baru untuk menyesuaikan perkembangan zaman. Pilihan kosa katanya pun amat beragam, termasuk dari dunia kuliner.

Apa Arti 'Brencheese,' Kata Baru dalam Kamus Oxford?Foto: Istimewa

Yang terbaru ada kata 'Brencheese.' Kata ini menarik perhatian karena namanya terdengar klasik dan mengaitkan salah satu makanan terpopuler di dunia, 'cheese' atau keju.

Baca Juga: Sah! Kata 'Hangry' Resmi Masuk dalam Oxford English Dictionary

Banyak orang menduga 'Brencheese' adalah kata untuk menunjukkan cara mengiris tipis keju Cheddar. Ada juga yang mengaitkan 'Brencheese' dengan nama winery di Prancis.

Padahal arti kata 'Brencheese' sangat sederhana. Kata ini merujuk pada roti dan keju yang dimakan bersamaan, lapor The Daily Meal (25/6).

Pemakaian kata 'Brencheese' kabarnya punya sejarah panjang. Kata ini sudah ada sejak 1665 namun tidak terlalu populer dan baru dimasukkan ke Oxford English Dictionary yang terkenal sekarang.

Katherine Connor Martin yang mengepalai operasional kamus ini di Amerika Serikat mengatakan, tak biasanya sebuah kata kuno seperti 'Brencheese' masuk dalam kamus, namun hal itu baru terjadi saat ini.

Apa Arti 'Brencheese,' Kata Baru dalam Kamus Oxford?Foto: Istimewa

"Ini lucu karena kita membicarakan kata-kata baru, tapi banyak kata yang kita tambahkan sudah kuno. Itu karena kata-kata tersebut tidak pernah ada di kamus sebelumya," kata Martin.

Ia menambahkan, biasanya kamus akan menelusuri jejak sebuah kata selama sekitar 10 tahun sebelum diputuskan apakah kata tersebut layak masuk dalam kamus atau tidak.

Kata lain dalam istilah kuliner yang baru masuk ke Oxford English Dictionary adalah 'Amaro' yaitu liquer herbal Italia. 'Beerfest' yang merujuk pada festival bir dan 'Broccoli rabe' yaitu jenis sayuran bernama lain rapini.

Baca Juga: Merriam Webster Tambahkan 11 Kata Makanan Baru di Kamusnya


(lus/odi)