Sah! Kata 'Hangry' Resmi Masuk dalam Oxford English Dictionary

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 08 Feb 2018 18:55 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau biasanya rasa lapar dikatakan dengan "hungry", kini ada kata baru yaitu "hangry". Kata ini resmi masuk dalam kamus Oxford English. Apa ya artinya?

Pernah nggak sih Anda merasa sangat lapar sampai menimbulkan emosi? Kalau iya, kata ini bisa menggambarkan perasaan Anda.

Menurut OED (Oxford English Dictionary), hangry didefinisikan sebagai "pemarah atau mudah tersinggung akibat kelaparan." Kata tersebut diambil dari perpaduan antara "lapar" dan "marah".

Baca juga: Inilah Istilah Makanan Baru yang Masuk Kamus Oxford!

Sah! Kata 'Hangry' Resmi Masuk dalam Oxford English DictionaryFoto: Istimewa

"Hanya ada di abad ke-21, kata hangry yang merupakan campuran lapar dan kemarahan digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk merujuk pada 'pemarah atau mudah tersinggung saat perut kosong', kini telah banyak digunakan secara umum. Namun bukti awal yang diketahui kata tersebut ternyata sudah ada sejak tahun 1956 dalam sebuah artikel di jurnal American Imago yang menggambarkan berbagai jenis permainan kata yang disengaja dan tidak disengaja," jelas Katherine Connor Martin, Kepala Kamus Amerika Serikat.

"Penulis menyebutkan hangry dalam diskusi kata-kata yang terbentuk oleh kontraksi atau elision. Beberapa di antaranya adalah seperti makan siang, sudah terbentuk pada saat itu, namun kebanyakan dari beberapa kata tersebut seperti criumph (kemenangan kriminal) dan sexperience (pengalaman seksual) masih belum diketahui oleh publik," tambah Martin.

Contoh hangry digambarkan dalam kampanye iklan Snicker's. "Anda bukan Anda saat Anda lapar."

Sah! Kata 'Hangry' Resmi Masuk dalam Oxford English DictionaryFoto: Istimewa

Seiring dengan masuknya kata hangry, ada juga 1.100 kata baru yang ditambahkan seperti "mansplain", "me time" dan "swag".

Netizen pun menanggapi hal ini. Salah satunya pengguna akun Twitter @MeganD903 yang mengatakan,"Akhirnya saya bisa membuktikan kepada suami saya bahwa #hangry itu nyata! Terimakasih @OxfordWords."

Dan @Greek_to_me mengatakan,"Lain kali, ketika seseorang mengatakan hangry, mereka tidak dinilai typo." (lus/odi)