Inilah Istilah Makanan Baru yang Masuk Kamus Oxford!

- detikFood Kamis, 09 Agu 2012 10:57 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Budaya makan berkembang seiring dengan gaya hidup masyarakat dunja. Karenanya banyak istilah makanan khas yang akhirnya mendunia. Untuk itu Kamus Bahasa Oxford Online oun memasukkan istilah-istilah makanan yang populer.

Kamus Oxford merupakan salah satu panduan kosa kata bahasa Inggris yang jadi andalan di dunia. Terutama karena kamus ini memuat banyak istilah baku bahasa Inggris. Ternyata kini Oxford pun selalu memberikan update mengenai pemakaian istilah makanan yang marak di dunia, terutama di kalangan pemakai bahasa Inggria.

Istilah-istilah makanan baru yang dimasukkan ke dalam kamus Oxford, antara lain:

1. Frankenfood (n): Genetically modified food.

Menurut salah satu kamus bahasa, Merriam-Webster, kata Franken food sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1992. Istilah ini diinspirasi dari monster Frankenstein, mahluk hidup yang dibuat oleh manusia. Franken food digunakan untuk menjelaskan makanan yang secara genetic dimodifikasi oleh manusia.

2. Locavore (n): A person whose diet consists only or principally of locally grown or produced food.

Kata locavore pertama kali diperkenalkan Jessica Prentice dari area teluk San Fransisco pada World Enviroment Day tahun 2005. Kata ini digunakan untuk menjelaskan seseorang hanya mengkonsumsi makanan yang diproduksi dan dikembangkan secara lokal.

3. Affogato (n): an Italian dessert consisting of vanilla ice cream topped with a shot of espresso coffee.

Affogato dalam bahasa Italia berarti tenggelam atau tenggelam dalam kopi. Salah satu dessert tradisional Italia ini berupa es krim vanilla dengan siraman dengan kopi espresso di atasnya.

4. Doughnut hole (n): a small ball-shaped doughnut:it’s 9.30 on a wintry Saturday morning, and we’re sipping coffee and eating doughnut holes.

Anda pasti sudah mengenal dessert berbentuk bundar dengan lubang ditengahnya bernama donat. Terinspirasi dari adonan tengah donat, kata ini didefinisikan bola donat kecil yang bisa dinikmati saat sabtu pagi ditemani kopi.

5. Bibimbap (n): a Korean dish consisting of rice topped with sautéed vegetables, chilli paste, and beef or other meat, sometimes with the addition of a raw or fried egg.

Bimbimbap di definisikan sebuah Hidangan korea yang terdiri dari nasi yang diberi topping berbagai macam sayuran tumis (namul), saus sambal (gochujang), dan daging sapi atau daging lainnya. Seringkali ditambahkan telur mentah atau telur mata sapi.

6. Red velvet cake (n): a rich chocolate-flavoured sponge cake with a distinctive reddish colour, typically with layers of buttercream or cream cheese icing.

Pasti sudah kenal dengan kue merah gelap satu ini, Kamus Oxford mendefinsikan kue red velvet sebagai kue bolu rasa coklat dengan warna merah yang khas, biasanya dibuat dengan lapisan butter cream atau cream cheese.

7. Panko (n): breadcrumbs with a light, flaky texture, typically used as a coating for fried or baked food.

Istilah ini biasanya dikenal dengan nama tepung roti, Panko didefinisikan remahan roti yang mempunyai tekstur ringan dan kasar, biasanya digunakan untuk melapisi gorengan atau makanan yang dipanggang.

Kamus Bahasa Inggris Oxford sendiri diterbitkan sejak 1847 oleh The Oxford University Press. Kamus ini merupakan kamus bahasa Inggris premier dan berisi sekitar 600.000 kata.

(dyh/odi)