Cokelat Cadbury Berusia 103 Tahun dari Perang Dunia I Ini Akan Segera Dilelang

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 05 Jun 2018 18:54 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Cokelat Cadbury batangan dari masa Perang Dunia I ditemukan. Cokelat berusia 103 tahun ini, akan dilelang mulai dengan harga Rp. 36 juta!

Cokelat Cadbury berusia ratusan tahun ini, ditemukan di antara barang-barang personal dari Richard Bullimore. Seorang prajurit asal Inggris, yang bertugas untuk Royal Leicestershire Regiment atau Angkatan Darat Inggris.

Baca Juga: 30 Tahun Lagi Tanaman Cokelat Bakal Punah dari Bumi, Ini Alasannya!
Cokelat Cadbury Berusia 103 Tahun dari Perang Dunia I Ini Akan Segera DilelangFoto: Istimewa
Diberitakan Fox News (06/04), Bullimore merupakan salah satu prajurit yang bertugas pada Natal pertama, di masa Perang Dunia I (WWI). Richard dikabarkan, mengirim kaleng berisi hadiah. Salah satunya cokelat batangan Cadbury.

Ketika barang-barang ini ditemukan, cokelat Cadbury masih berada di sana, dengan kondisi yang cukup baik untuk cokelat ratusan tahun.

"Cokelat ini dikirimkan oleh para prajurit, di musim dingin pertama ketika perang. Trinidad, Grenada, dan ST. Lucia menyediakan kokoa, sementara Cadbury yang membuat cokelat batangnya. Kaleng cokelat terbuat dari Barringer Wallis & Manners of Mansfield, salah satu produsen timah hias terkemuka di dunia," jelas Paul Cooper dari Eddisons CJM, organisasi yang mengadakan lelang cokelat ini.
Cokelat Cadbury Berusia 103 Tahun dari Perang Dunia I Ini Akan Segera DilelangFoto: Istimewa
Cooper menjelaskan bahwa kaleng itu termasuk barang langka, namun dia masih tidak menyangka akan menemukan cokelat batang yang tersusun rapih.

"Cokelat itu benar-benar dalam kondisi yang cukup baik. Saya bahkan sempat tergoda untuk mencobanya, bahkan jika para ahli mengatakan bahwa sebenarnya cokelat dengan usia ratusan tahun bisa saja berbahaya," lanjut Cooper.

Hingga kini Cooper sendiri masih tidak percaya menemukan cokelat berusia 103 tahun. Seluruh koleksi barang-barang Bullimore, termasuk cokelat, mendali, kutipan, surat, dan materi lainnya akan dilelang secara terpisah. Cooper sendiri yakin bahwa harga lelang akan mencapai $2.600 (Rp. 36.400.000,-).
Cokelat Cadbury Berusia 103 Tahun dari Perang Dunia I Ini Akan Segera DilelangFoto: Istimewa
Bullimore yang gemar menyantap cokelat, mendapatkan penghargaan sebagai prajurit dengan kesopanan yang tinggi. Bullimore meninggal dunia pada bulan Januari, 1967, di wilayah Lincolnshire, Inggris.

Seluruh koleksi Bullimore siap dilelang, di CJ Masset Auctions dan dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal 6 Juni ini.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan Tertua Dunia yang Umurnya Ratusan Tahun



(sob/odi)