Jelang Piala Dunia 2018, Ayam ala Messi dan Kue Chak-chak Diperkenalkan di Rusia

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 31 Mei 2018 15:56 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tinggal hitungan hari menjelang Piala Dunia 2018. Sebagai tuan rumah, Rusia siapkan aneka hidangan menarik untuk para penggemar bola di sana.

Digelarnya FIFA 2018 di Rusia, membuat Rusia harus melakukan persiapan. Tidak hanya di bidang olahraga saja, Rusia turut menghadirkan menu-menu makanan tradisional khas Rusia, lengkap dengan festival makanan di semua kota sesuai jadwal.

Baca Juga: Untuk Pertama Kali Makanan Basi Ditemukan di Stadion Piala Dunia Brazil
Jelang Piala Dunia 2018, Ayam ala Messi dan Kue Chak-chak Diperkenalkan di RusiaFoto: Istimewa
Dilansir Tass (23/05), salah satu kota terbesar di Rusia, yaitu Kazan mulai menyiapkan berbagai hidangan untuk menyambut para penggemar bola di Rusia. Hidangan seperti kue tradisonal Tatar yang disebut chak-chak, mulai dibuat.

Sementara di kota Kaliningrad, makanan kesukaan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sedang dipersiapkan. Lalu kota Saransk, akan menghidangkan potongan daging ala 'Bear Paw' yang unik dan hanya ada di Rusia. Dilanjut dengan kota Samara, yang berencana untuk menyajikan bir Zhigulevsky yang dingin, untuk memuaskan dahaga para penggemar bola.

Piala Dunia FIFA 2018 ini akan diselenggarakan di Rusia, mulai dari tanggal 14 Juni hingga 15 Juli. Pertandingan bola akan diadakan di 12 stadion, terletak di 11 kota, mulai dari Moskow hingga Saransk.
Jelang Piala Dunia 2018, Ayam ala Messi dan Kue Chak-chak Diperkenalkan di RusiaFoto: Istimewa
Festival makanan seperti festival food truck, akan berlangsung di setiap kota pada hari pertandingan. Festival ini nantinya akan menampilkan hidangan lokal paling populer.

"Akan hadir 11 food truck, dengan makanan yang mereprensentasikan setiap kota. Seperti food truck dari Moskow, akan menyajikan roti dengan isian yang berbeda. Dari susu hingga liver ikan Murmansk," ungkap Ekaterina Shapovalova, selaku kordinator dari proyek Gastronomic Map of Russia.

Selain festival makanan, banyak restoran lokal yang turut menyiapkan menu khusus selama Piala Dunia. Menu restoran juga telah diterjemahkan, sehingga pengunjung tidak bingung. Banyak juga yang mulai mendekorasi restoran mereka dengan nuansa bola. Seperti sebuah restoran di Gorki Gorod, yang memasang hiasan makanan untuk menghormati kiper asal Italia, Gianluigi Buffon.
Jelang Piala Dunia 2018, Ayam ala Messi dan Kue Chak-chak Diperkenalkan di RusiaFoto: Istimewa
Selain itu, kota Kazan akan menyiapkan makanan etnik dari semua bagian Rusia, dengan menyelenggarakan Tasty Kazan Food Festival tanggal 17-18 Juni nanti.

Ada juga kota Yekatarinburgh, yang membuat Pelmeni, hidangan dumpling tradisonal dengan pancake, borscht, dan sup solyanka.

Untuk penggemar seafood, kota Rostov-on-Don, menyiapkan beberapa restoran di sepanjang sungai. Lengkap dengan aneka hidangan ikan, seperti sup ikan ukha. Uniknya, sup ini bisa diracik dengan suntikan vodka yang dituangkan ke dalamnya.
Jelang Piala Dunia 2018, Ayam ala Messi dan Kue Chak-chak Diperkenalkan di RusiaFoto: Istimewa
Lalu untuk penggemar bir, Rusia menyiapkan kota Samara. Di sini para pengunjung bisa mencicipi bir autentik Zhigulevsky. Meski bir ini dapat ditemui di semua kota di Rusia, tapi rasa autentiknya tetap ada di kota Samara.

Sementara kota St. Petersbug akan menghadirkan festival makanan musim semi, yang diikuti oleh 100 restoran terkenal di Rusia. Jadi, setiap kota tidak hanya menyediakan hiburan autentik saja, tapi juga pengalaman kuline yang seru.

Baca Juga: Tonton Liga Champions 2018, 'Salt Bae' Berfoto dengan Ronaldo hingga Salah



Santap nasi goreng di negeri Ratu Elizabeth? Bisa! Simak selengkapnya lewat video di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)