'Steak' Vegan Pertama di Dunia Ini Rasanya Diklaim Persis Daging Asli

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 25 Mei 2018 09:41 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Alternatif daging sapi yang lebih ramah lingkungan terus dikembangkan. Kali ini perusahaan Belanda membuat 'daging' steak 100% berbahan tumbuhan.

Dikutip dari Oddity Central (21/5), perusahaan Vivera menciptakan steak vegan yang diklaimnya punya aroma dan rasa mirip daging asli sehingga penikmatnya akan sulit membedakan 'steak' ini dari steak daging.

'Steak' vegan dibuat dari kedelai dan gandum dengan percobaan memakan waktu hingga 1,5 tahun. Menurut mereka hal tersulit dari pengembangan 'steak' vegan adalah menghadirkan tekstur daging asli pada produk berbasis tumbuhan. 'Steak' haruslah juicy dan kenyal saat digigit.
'Steak' Vegan Pertama di Dunia Ini Rasanya Diklaim Persis Daging AsliFoto: Istimewa
Baca Juga: Meski Dibuat dari Tumbuhan, 'Impossible Burger' Rasanya Persis Daging Asli

Direktur Komersial Vivera, Gert Jan Gombert berujar, "'Steak' vegan ini perlu memiliki beberapa tekanan terhadap gigi serta harus juicy. Kami menghabiskan banyak waktu untuk menciptakan 'juiciness' yang mirip daging asli pada produk ini."

Gombert mengklaim aroma, rasa dan tekstur 'steak' vegan Vivera akan sangat sulit dibedakan dari daging sapi sungguhan. Pihak perusahaan juga menyebut 'steak' vegan buatannya adalah terobosan dalam hal kesejahteraan dan keberlanjutan hidup hewan.

'Steak' vegan juga bisa jadi alternatif pencinta daging untuk mengasup protein nabati lebih banyak lewat sajian favoritnya. Percaya diri dengan kesuksesan, Vivera mengumumkan rencana membawa beberapa juta 'steak' vegan ke pasar di tahun 2018.
'Steak' Vegan Pertama di Dunia Ini Rasanya Diklaim Persis Daging AsliFoto: Istimewa
Incaran utama mereka adalah jaringan supermarket besar di Inggris, Tesco. 'Steak' vegan bisa dipasarkan di 400 cabang Tesco di seluruh Inggris. Sementara di Belanda, produk inovatif ini dijual mulai Juni. Menyusul pasar di Jerman, Prancis dan Italia.

Tampilan 'steak' vegan dalam iklan Vivera pun nampak menggiurkan. Gombert menyebut memasak 'steak' vegan juga mudah dan bahkan lebih mudah daripada membuat steak asli. Tak butuh hingga setengah jam. Nah, tertarik coba?

Baca Juga: McD Perkenalkan Burger Vegan dengan Patty dan Kentang Berbahan Nabati (dvs/odi)