Rekomendasi Buka Puasa

Sluurp! Enaknya Buka Puasa dengan Soto Mie Berkuah Gurih Plus Risol Renyah

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 23 Mei 2018 14:48 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -
Mendung berangin sore ini paling pas beebuka puasa dengan soto mie. Kuahnya gurih, dilengkapi risol renyah dan harganya terjangkau.

Sajian yang satu ini termasuk dalam sajian kaki lima khas Betawi. Walau demikian, ada banyak soto mie yang justru berasal dari Bogor. Sajian ini merupakan perpaduan soto, mie dan kuah.

Sotonya berupa daging berlemak dan dengkul sapi empuk dengan tambahan mie, tomat, irisan kol, risol dan air jeruk limau. Umumnya disajikan dengan emping plus sambal rawit merah.

Nah, kalau ingin soto mie untuk berbuka nanti, bisa mampir beberapa tempat ini!

1. Soto Mie Haji Sahadi

Foto: Istimewa
Ini dia salah satu soto legendaris di Jakarta Pusat. Soto mie milik Haji Sahadi ini porsinya lumayan banyak. Kuahnya bening kecokelatan. Soto mienya berisi bihun, mie, kol, diguyur dengan kuah daging dengan potongan daging yang tipis yang loyal.

Semangkuk soto mienya makin enak dilahap dengan emping dan potongan risol. Apalagi kalau ditambah sambal dan nasi hangat. rasanya jadi tambah mantap. Harga semangkuk soto mie di sini terbilang murah yaitu Rp 17.000 - Rp 20.000.

Soto Mie Haji Sahadi
Karang Anyar Jl.E No. 42
Jakarta Pusat
Telp: 0812-8057-7426

2. Soto Mie Teh Ussy

Foto: Istimewa
Soto mie Bogor Teh Usy pertama didirikan ada di Bogor. Namun saat ini kedai soto mie ini sudah punya beberapa cabang. Di antaranya ada di kawasan Lebak Bulus, Bintaro dan Ciputat.

Seporsi soto mie di sini dijual dengan harga Rp 17.000 disajikan dengan isian mie kuning, bihun, irisan kol, tomat, emping dan risol goreng.

Kemudian disiram dengan kuah kaldu yang gurih. Kuahnya berwarna bening kecokelatan dengan sensasi rasa gurih dan kombinasi antara lada dan kemiri dengan perasan jeruk limau.

Soto Mie Teh Ussy
Jl. Karang Tengah Raya No. 5
Lebak Bulus, Jakarta
Telp: 0858 81575106

Baca juga: Soto Mie Bogor "Teh Usy": Segar Mantap Soto Mie Hangat dengan Isian Komplet

3. Kuliner Theresia

Foto: detikFood
Foodcourt yang satu ini menyajikan soto mie lezat dengan harga hemat. Soto mienya berkuah bening cokelat dan berminyak merah. Ada irisan tomat, suun, mie, dan potongan risol.

Selain di taruh di atas mangkuk, kerupuk empingnya juga diletakan di piring terpisah bersama dengan potongan jeruk nipis. Semangkuk soto mie di sini dibanderol Rp 20.000.

Jl. Gereja Theresia No. 43
Menteng, Jakarta
Telp: 021 3908990

4. Soto Mie Bang Wawan

Foto: dok. detikFood
Soto mie milik kedai Bang Wawan ini jadi favorit warga Petamburna. Warna kuahnya yang bening dan terdapat potongan kentang dan daging yang besar.

Rasanya gurih dan dagingnya punya terkstur yang lembut. Harga satu mangkuk soto mie Bang Wawan sebesar Rp 20.000. Harga tersebut terbilang murah jika dilihat dari banyaknya daging yang ada dalam seporsi soto mie.

Soto Mie Bang Wawan
Jl. Petamburan 5 No.3B, RT.1/RW.5
Tanah Abang, Jakarta Pusat

5. Soto Mie Puti H.Darjo

Foto: Istimewa
Soto mie yang satu ini sudah murah isinya juga spesial. Ada bihun, mie kuning, potongan daging, bakso, dan risol. Kemudian disiram dengan kuah gurih soto yang hangat.

Di sini Anda bisa memesan risol berisi bihun secara terpisah. Untuk menambah selera makan, tambahkan air perasan jeruk nipis dan sambal. Seporsi soto mie milik H. Darjo dibanderol sebesar Rp 22.000.

Soto Mie Puti H.Darjo
Jl. Kembangan Abadi Utama Blok A7 No. 7
Telp: 021-5823715
Puri Indah, Jakarta
(dwa/odi)