Soto Mie Bogor "Teh Usy": Segar Mantap Soto Mie Hangat dengan Isian Komplet

Maya Safira - detikFood Rabu, 30 Mar 2016 11:56 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Kangen mencoba soto mie khas Bogor? Coba saja datang ke sini. ​Puaskan selera dengan semangkuk ​soto mie hangat dengan kuah segar ​yang gurih semerbak.​

Sudah lama kami tertarik mencoba Soto Mie Asli Bogor "Teh Usy" yang punya andalan soto mie. Cabangnya ada di beberapa tempat, termasuk Ciputat dan Bintaro.

Lokasi di kawasan Lebak Bulus paling sering kami lewati. Kabarnya ini juga jadi tempat pertama teh Usy yang asli Bogor berjualan sejak sekitar 10 taun lalu.



Di depan warung tersebut kerap terlihat konsumen datang silih berganti. Mulai dari pukul 07.00 hingga menjelang malam.

Akan tetapi waktu tutupnya tak tentu. Saat akhir pekan warung bisa tutup lebih cepat, sekitar pukul 15.00, karena sudah habis diserbu pembeli. Ketika kami datang, memang terlihat keberadaan beberapa pembeli yang duduk di kursi kayu panjang.

Meski tempatnya sederhana, namun tetap terlihat rapi dan cukup bersih. Untuk tempat pembuatan soto mie berada di bagian depan warung. Dalam gerobak itu nampak jejeran bahan penyusun soto mie dan dua panci besar berisi kuah.

Mengenai menunya, pilihan di sini sangat minimalis. Hanya ada Soto Mie (Rp 15.000) dan Sop Daging (Rp 25.000). Kami pun memesan keduanya.

Tentunya tak perlu waktu lama sampai pesanan tiba di meja. Aroma paduan kaldu dan lada terasa menghampiri hidung ketika soto mie berada di depan kami.

Semangkuk soto mie punya isian cukup padat. Semua bahan dasar soto mie ada di sini. Sebut saja mie kuning, bihun, irisan kol, tomat, emping dan risol goreng. Agar makin wangi, ada penambahan seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Uniknya, soto mie hanya memakai irisan daging gandik. Tanpa ada jeroan ataupun gajih.



Kegiatan makan kami awali dengan menghirup kuah yang berwarna kecokelatan bening. Citarasa kuahnya gurih sedikit manis dengan jejak lada cukup kuat dan kemiri. Kesegaran juga tercecap dari perasan jeruk limau. Aroma rempah dan daun salam menambah semangat menikmati kuah soto mie.
 
Jika ingin meracik kuah sesuai selera, tambahkan saja pilihan yang ada di tiap meja. Ada sambal, garam, kecap, jeruk limau dan emping. Komplet!

Sementara mie kuning dan bihun terasa lembut mulur. Berpadu enak dengan potongan risol lembut yang tenggelam dalam kuah. Ditambah lagi irisan tipis daging yang lumayan empuk. Menurut pihak warung, satu hari bisa sampai 10 kg daging digunakan.

Setelah soto mie, kami berlanjut mencoba sop daging. Diluar dugaan, ternyata sop daging mirip dengan soto mie. Mulai dari kuah sampai isian.



Bedanya, sop daging tidak memakai kol, mie kuning dan bihun. Isian dagingnya pun lebih berlimpah. Sop daging ini cocok bagi yang mencari isi lebih ringan dengan daging royal.

Untuk minuman, warung juga menyediakan pilihan es cendol Bogor dan sop durian. Dibuat oleh stand kecil yang berjualan di area depan warung. Sayangnya saat kami datang, sop durian sedang tidak ada.

O,ya selain soto mie, teh Usy juga punya warung makanan khas Sunda dengan menu prasmanan yang letaknya tidak begitu jauh. Sudah berjualan sekitar 3 tahun di kawasan Lebak Bulus.

Nah, mau mencoba soto mie racikan teh Usy siang ini? Yuk mampir!

Soto Mie Asli Bogor "Teh Usy"
Jl. Karang Tengah Raya No. 5
Lebak Bulus
Jakarta Selatan
Telp: 0858 8157 5106/0857 1740 1515

(msa/odi)