Pertama Kali Cicipi California dan Volcano Roll, Orang Jepang: Ini Bukan Sushi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 23 Mei 2018 14:23 WIB
Foto: Istimewa
Jepang - Amerika mengenal sushi fusion seperti California roll dan Volcano roll. Seperti apa pendapat orang Jepang yang baru mencicipinya pertama kali?

Sushi memang asli Jepang, tapi kini kepopuleran sushi sudah menyebar ke banyak negara termasuk Amerika Serikat. Di sini ada sushi fusion yang dipadukan dengan aneka bahan.

Salah satu yang terkenal adalah California roll. Berupa gulungan nasi dengan isian nori, alpukat, timun Jepang dan crabstick. Biasanya juga ditambahkan telur ikan (tobiko), biji wijen dan mayonnaise.

Baca Juga: Dari California, Sentuhan Baru Sushi Mendunia dan Makin Unik

Pertama Kali Cicipi <i>California</i> dan <i>Volcano Roll</i>, Orang Jepang: Ini Bukan SushiCalifornia Roll, Sushi Fusion dari Amerika yang Mendunia Foto: dok. detikFood

Yang tak kalah populer adalah Volcano roll. Sushi ini bisa berisi tamago, crabstick, tuna pedas atau isian lainnya. Ciri khasnya ada pada saus mayonnaise yang berlimpah dan pedas.

Lalu seperti apa pendapat orang Jepang yang baru pertama kali mencicip sushi fusion ini? Akun YouTube Asian Boss menjawabnya lewat unggahan video berjudul 'The Japanese React to American Style Sushi,' lapor Next Shark (23/5).

Mereka menanyai pendapat orang-orang Jepang usai mencicip California roll dan Volcano Roll di jalan. Untuk California roll, rata-rata responden menyukai sajian ini meski saat diminta menilai apakah California roll ini seperti sushi, mereka memberi angka rendah.

Pertama Kali Cicipi <i>California</i> dan <i>Volcano Roll</i>, Orang Jepang: Ini Bukan SushiResponden Mengatakan Volcano Roll Bukanlah Sushi Foto: Istimewa

Seorang pria langsung bertanya, "Dimana ikan mentahnya?" Sementara seorang ibu justru menanyakan, "Apakah ini sushi?" Namun dua orang remaja putri memberi nilai 9 untuk California roll.

Untuk Volcano roll, kebanyakan menilai rasanya kurang enak. Seorang kakek bahkan langsung mengklaim, "Tidak akan ada orang yang menganggap ini sushi. Orang Jepang tidak akan ada yang menyukainya."

Sementara seorang ibu juga langsung menyebut Volcano roll bukanlah sushi. Ia bahkan memberi nilai 0 untuk melihat sajian ini sebagai sushi. Sependapat dengan sang ibu, responden lain juga tidak menganggap Volcano roll sebagai sushi.

Pertama Kali Cicipi <i>California</i> dan <i>Volcano Roll</i>, Orang Jepang: Ini Bukan SushiSushi Tradisional Jepang dengan Topping Ikan Mentah Foto: Istimewa

Saat ditanya lebih suka mana sushi asli Jepang atau sushi Barat, semua responden memilih sushi Jepang. Menurut mereka sushi Jepang menghadirkan elemen penting yaitu ikan segar. Seorang responden juga menyebut cita rasa nasi sushi Jepang lebih segar.

Selain enak, ikan segar pada sushi juga menghadirkan tekstur juicy yang enak. "Bagi kami, kami fokus pada tekstur (sushi) meski rasanya tidak banyak sehingga kami fokus pada rasa aslinya. Kami ingin menikmati rasa alami bahan-bahan sushi," tutur seorang responden wanita.

Pertama Kali Cicipi <i>California</i> dan <i>Volcano Roll</i>, Orang Jepang: Ini Bukan SushiPendapat Orang Jepang tentang Sushi Barat Foto: Istimewa

Namun seorang responden pria berusaha memahami sushi gaya Barat. Ia menyebut, "Sushi ini memang menggunakan ikan mentah tapi saya melihat mereka coba menyembunyikan rasa ikan dengan menggunakan mayonnaise dan banyak alpukat."

Nah, bagaimana menurut kamu? Kamu lebih suka sushi asli Jepang atau yang gaya Barat seperti California roll dan Volcano roll?

Baca Juga: Tom Sushi: Jajan 'Flower Sushi' dan Sushi Volcano Mulai dari Rp 15.000


(adr/odi)