Sushi Kekinian

Dari California, Sentuhan Baru Sushi Mendunia dan Makin Unik

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 04 Sep 2017 19:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Sushi Kekinian
Jakarta - Sushi awalnya dibuat untuk mengawetkan ikan. Dalam perkembangannya di luar Jepang, sushi jadi sajian dengan paduan aneka rasa dan bentuk, tak melulu ikan.

Kata 'sushi' berarti 'masam' atau 'asam', arti kata ini sebenarnya merupakan gambaran jika dulunya sushi dikenal sebagai produk fermentasi.

Baca juga: Suka Makanan Jepang? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Sushi hingga Ramen

Dari California, Sentuhan Baru Sushi Mendunia dan Makin UnikFoto: iStock


Menurut catatan sejarah, sushi pertama kali dikenal di Asia Tenggara sekitar abad ke-4 SM kemudian diadaptasi oleh China sebelum akhirnya dikenal orang Jepang.

Dengan berjalannya waktu, sushi kemudian diperkenalkan di Jepang sekitar abad ke-8. Karena masyarakat Jepang lebih menyukai makan nasi bersama ikan, maka keduanya disajikan bersama. Umumnya mereka mengonsumsi sushi dengan topping ikan mentah.

Setelah sushi mendunia, kemudian muncul sushi yang berkembang dengan pengaruh dari budaya Barat yang melahirkan pengolahan sushi terbaru. Selain itu, ada juga pengaruh dari lintas budaya akibat pergerakan industri arus globalisasi antar negara.

Sebut saja sushi di wilayah California, Amerika, mempunyai bentuk dan isian yang lebih beragam sehingga dinamakan California Rolls.

Awal tahun70-an, seorang chef dari The Tokyo Kaikan, Los Angeles, California bernama Ichiro Mashita akhirnya menemukan paduan yang pas untuk menikmati sushi. Ciptaannya dikenal dengan Californian Sushi Roll atau California Roll ini pun menjadi fusion sushi pertama.

Dari California, Sentuhan Baru Sushi Mendunia dan Makin UnikFoto: iStock


Menurutnya tekstur alpukat yang berminyak bisa jadi paduan yang pas untuk sushi. Ia pun mengganti letak nori yang biasanya ditaruh di bagian luar menjadi di dalam. Mashita berpendapat bahwa orang Amerika tidak suka kalau melihat dan menelan nori yang ada di bagian luar.

California Roll termasuk sushi jenis makizushi. Didalamnya berisi timun Jepang, daging kepiting imitasi dan alpukat. Proses penyajiannya juga beragam, ada yang menambahkan tobiko atau biji wijen serta mayonnaise.

Perpaduan rasa gurih, manis dan sedikit asam dengan tekstur renyah membuat sushi jenis ini cocok di lidah banyak orang.

Selain California Sushi Roll, para chef juga membuat karya inovatif lainnya seperti Spider Roll, Philadelphia Roll hingga Rainbow Roll.

Baca juga: Saat ke Resto Sushi Sebaiknya Jangan Pesan Sushi Roll, Ini Alasannya! (msa/odi)
FOKUS BERITA Sushi Kekinian
Load Komentar ...