Lebih Hemat di Akhir Bulan, Ini 5 Resep Tahu Praktis Buat Berbuka Puasa

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 21 Mei 2018 11:20 WIB
Foto: (Bonauli/detikTravel)
Jakarta - Akhir bulan saatnya berhemat. Kalau bingung mau masak apa untuk berbuka, sajian serba tahu yang praktis ini bisa dicoba. 5 resep ini bisa Anda lihat!

Selain telur dan tempe, tahu juga jadi pilihan lauk yang ekonomis. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mengolahnya menjadi sajian berbuka yang enak. Bisa dipadu dengan tumis sayuran, sambal dan juga nasi putih hangat. Dijamin enak dan mantap!

Berikut ini beberapa menu tahu yang bisa Anda jadikan sebagai sajian berbuka untuk keluarga.

1. Tahu Goreng Bawang Cabe

Lebih Hemat di Akhir Bulan, Ini 5 Resep Tahu Praktis Buat Berbuka PuasaFoto: Istimewa

Tahu goreng yang diberi bumbu gurih ini memang semakin nikmat dipadu dengan nasi hangat. Apalagi sajian tahu goreng yang dicampur dengan bumbu bawang putih dan irisan cabai rawit, pasti makin enak.

Untuk membuatnya, Anda cukup menyiapkan tahu putih, bawang putih, daun bawang dan cabai rawit merah. Sajian ini cocok dibuat ketika Anda malas masak. Untuk melihat cara membuatnya, Anda bisa klik resep lengkapnya di sini.

2. Tahu Gimbal

Lebih Hemat di Akhir Bulan, Ini 5 Resep Tahu Praktis Buat Berbuka PuasaFoto: Dok. detikFood

Tahu yang lembut dengan paduan bakwan udang renyah ini sajian khas kota Semarang. Tahu putih dengan bakwan yang dicampur udang dan disiram dengan saus kacang yang gurih pedas. Jangan lupa untuk menambahkan irisan duan kol, seledri hingga bawang merah goreng. Nyam!

Kalau tergoda dengan sajian ini, Anda bisa intip resep lengkapnya di sini.

3. Tahu Telur Petis

Lebih Hemat di Akhir Bulan, Ini 5 Resep Tahu Praktis Buat Berbuka PuasaFoto: detikfood

Punya stok bumbu petis di rumah? Manfaatkan saja untuk membuat sajian yang satu ini. Tak sulit untuk membuatnya, tahu yang digoreng dengan telur dan diberi topping tauge dan timun ini terasa nikmat. Apalagi dipadu dengan dua bumbu yaitu bumbu kacang dan petis udang.

Wih, aromanya nikmat. Sajian tahu telur ini bisa jadi pilihan saat Anda malah makan nasi. Lihat di sini untuk cek resep lengkapnya.

4. Tahu Tek

Lebih Hemat di Akhir Bulan, Ini 5 Resep Tahu Praktis Buat Berbuka PuasaFoto: Dok. detikFood

Berasal dari kota Surabaya, tahu tek ini bisa dibuat dari bahan sederhana. Tahu putih dan telur ayam yang dimasak bersama kemudian disiram bumbu kacang ini memang memiliki rasa enak. Pelengkapnya berupa tauge, daun bawang iris dan seledri. Enak dinikmati dengan paduan lontong agar lebih kenyang. Lihat di sini untuk cek resep lengkapnya.
5. Perkedel Tahu Udang

Lebih Hemat di Akhir Bulan, Ini 5 Resep Tahu Praktis Buat Berbuka PuasaFoto: detikfood/iStock

Tahu juga bisa diolah jadi perkedel. Agar lebih nikmat, Anda bisa membuatnya dengan campuran udang cincang dengan paduan daun bawang, tepung, bumbu hingga telur ayam. Kalau ingin dijadikan menu utama, perkedel tahu udang ini bisa dinikmati bersama dengan nasi hangat dan sayuran tumis. Sedangkan kalau ingin jadi camilan, bisa dinikmati bersama dengan cocolan saus kacang yang nikmat.

Mau membuatnya? Klik di sini untuk lihat resep lengkapnya! (lus/odi)