Belanja Makanan Ramadan

Ini Caranya Menyimpan Sayuran Supaya Lebih Awet Segarnya

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 15 Mei 2018 12:42 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sayuran tak boleh dilewatkan saat sajikan makanan berbuka dan sahur Agar lebih tahan lama, Anda perlu lakukan ini saat menyimpan sayuran.

Tak hanya memilih kualitas dari sayuran, namun saat menyimpannya juga perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis sayuran yang bisa bertahan lama dan ada yang tidak. Kalau ingin membuat stok sayuran di rumah, sebaiknya perhatikan hal berikut ini.

Baca juga: Lebih Mudah dan Hemat, Belanja Sayur dengan 5 Cara Ini

1. Pilih jenis sayuran

Ini Caranya Menyimpan Sayuran Supaya Lebih Awet SegarnyaFoto: iStock

Ada banyak sekali jenis sayuran di pasar. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memperhatikan sayuran yang disimpan lama dan yang mana yang mudah rusak. Pilihlah sayuran yang lebih tahan lama seperti wortel, jamur, brokoli, jagung muda hingga paprika.

Semua jenis sayuran ini bisa bertahan lebih lama jika disimpan dalam suhu dingin. Ini bisa digunakan menjadi bahan campuran tumisan untuk sahur ataupun berbuka.

2. Simpan dengan suhu tepat

Ini Caranya Menyimpan Sayuran Supaya Lebih Awet SegarnyaFoto: iStock

Tak semua jenis sayuran bisa disimpan dalam lemari es. Misalnya saja kentang dan bawang yang dapat disimpan di suhu ruangan. Akan tetapi untuk beberapa sayuran seperti wortel, brokoli dan juga tomat bisa disimpan dalam bagian bawah chiller agar tetap segar selama beberapa hari.

Sebelum disimpan, pastikan juga sayuran sudah bersih dan bungkus dengan plastik atau kantong kertas.

3. Taruh dalam wadah

Ini Caranya Menyimpan Sayuran Supaya Lebih Awet SegarnyaFoto: iStock

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sayuran tahan lebih lama. Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 1-2 hari setelah dibeli. Untuk memperpanjang masa simpan, bungkuslah sayuran dengan tisu dapur yang tebal dan masukkan dalam kantong plastik yang sudah dilubangi dan simpan dalam lemari es.

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan sayuran dalam wadah tertutup yang bening dengan tetap diberi tisu pada bagian dalamnya. Ini akan menjaga kesegaran sayuran sehingga dapat digunakan beberapa hari ke depan.

4. Simpan terpisah

Ini Caranya Menyimpan Sayuran Supaya Lebih Awet SegarnyaFoto: iStock

Tidak semua jenis sayuran memiliki karakter dan daya simpan yang sama. Dalam proses penyimpanan, sebaiknya pisahkan setiap jenis sayuran dalam wadah yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi silang antara jenis sayuran yang berbeda.

Baca juga: Tak Ada Kulkas? Simpan Sayuran Segar Dengan Cara Ini! (lus/odi)