Saus Pasta Terenak Di Dunia Ini Hanya Diracik dari 3 Bahan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 15 Mei 2018 10:51 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Disebut-sebut sebagai yang terenak di dunia, saus pasta ini hanya diracik dari 3 bahan. Cara membuatnya pun mudah dan praktis.

Saus pasta Italia terkenal dengan rasa asam segarnya. Saus berwarna merah ini diracik dari tomat pilihan. Marcella Hazan selaku penulis buku resep Essentials of Classic Italian Cooking membeberkan resep saus pasta buatannya yang sederhana namun enak.

Dikutip dari Daily Mail (14/5), bahan utama saus pasta ini hanya bawang bombay, mentega dan tomat kalengan. Resep ini sendiri sudah diterbitkan sejak lebih dari 20 tahun lalu. Namun hingga kini para penulis makanan masih memujinya sebagai saus pasta terenak, terlebih cara membuatnya praktis.

Saus Pasta Terenak Di Dunia Ini Hanya Diracik dari 3 BahanMarcella Hazan, Penulis Buku Resep Masakan Italia (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Begini Racikan Spaghetti Bolognese yang Benar Menurut Chef Italia

Caranya cukup menaruh bawang bombay yang sudah dikupas dan dibagi dua ke dalam panci berisi mentega dan tomat kalengan. Panaskan 3 bahan ini dengan api kecil selama 45 menit.

Mentega yang dibutuhkan adalah 6 sendok makan. Sementara untuk tomat sebanyak 2 kemasan kalengan seberat masing-masing 400 gram. Saat sudah matang, bawang bombay bisa disingkirkan dan saus bisa langsung dituang ke pasta.

Setelah kematian Marcella tahun 2013 lalu, suami Marcella yaitu Victor mengungkap metode masak istrinya yang sederhana. Menurutnya, sang istri selalu memilih kesederhanaan saat masak.

"Dia bertanya pada dirinya sendiri, 'Mengapa memotong bawang? Mengapa menumisnya? Saya akan menaruh bawang, tomat dan mentega bersamaan lalu melupakannya,'" tutur Victor. Baginya Marcella adalah sosok jenius dalam mengenali rasa dan pengaruhnya terhadap masakan.

Saus Pasta Terenak Di Dunia Ini Hanya Diracik dari 3 BahanMarcella Mengungkap Cara Praktis Bikin Resep Pasta (Foto: Istimewa)

Marcella sendiri lahir di Italia namun menghabiskan lebih banyak hidupnya di New York sebelum pensiun di Florida. Saat pindah ke New York, ia belajar masak dari buku-buku resep Italia kemudian menyesuaikan rasanya dengan resep sendiri.

Untuk memasak pastanya, The American Chemical Society sempat mengungkap trik yang diperlukan. Termasuk menambahkan garam, meninggalkan minyak zaitun, menjaga air rebusan pasta mendidih serta menuangkan sebagian air rebusan itu ke dalam saus.

Baca Juga: Trik Bikin Resep 3 Saus Pasta Andalan Dibeberkan Detil Pembuatannya oleh Chef Marco (adr/odi)