Lauk Kering untuk Ramadan

Ini Dia 5 Jenis Ikan yang Sering Dijadikan Lauk Kering Enak

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 07 Mei 2018 19:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Lauk kering bukan tidak melulu terbuat dari daging ayam dan sapi. Tapi juga enak kalau terbuat dari ikan. Apalagi kalau dijadikan keripik yang gurih renyah.

Menyimpan lauk kering selama puasa memang pilihan tepat. Apalagi kini sudah tersedia beragam lauk kering dari berbahan daging ayam, daging sapi hingga ikan. Ternyata lauk kering berbahan ikan ada banyak macamnya, lho. Mulai dari terbuat dari ikan teri hingga ikan billih dari Padang. Berikut ini 5 jenis ikan yang enak dijadikan lauk kering ramadan.

1. Ikan Teri

Ini Dia 5 Jenis Ikan yang Sering Dijadikan Lauk Kering EnakFoto: Instagramikanterikacang_medan

Teri tawar yang digoreng dengan punya rasa yang gurih. Baik digoreng langsung maupun dengan tepung sama-sama punya tekstur yang renyah.

Untuk lauk, enaknya buat ikan teri goreng yang dipadu dengan kacang dan cabe goreng. Dimakan pakai nasi hangat dijamin enak. Karena rasanya manis, gurih, dan sedikit pedas. Kalau malas membuatnya, kini ada banyak penjual yang menjual teri kacang krispi balado. Tak ketinggalan teri goreng tepung yang pas dijadikan camilan gurih.

Baca juga: Gurih Renyah Teri Jengki dan Teri Medan Disukai Banyak Orang

2. Ikan Bilih

Ini Dia 5 Jenis Ikan yang Sering Dijadikan Lauk Kering EnakFoto: dok. detikFood

Ikan berukuran kecil ini berasal dari Sumatra Barat. Ikan billih goreng bertekstur renyah dan rasanya gurih. Selain enak dicampur sambal merah khas Minang, ikan Billih juga enak ditumis dengan petai, potongan cabai dan kecombrang yang wangi.

Kalau ingin lebih krispi, ikan billih dibalut tepung lalu digoreng. Ikan billih krispi ini mudah dijumpai di penjual lauk kering. Umumnya dikemas dalam kemasan plastik.

3. Ikan Roa

Ini Dia 5 Jenis Ikan yang Sering Dijadikan Lauk Kering EnakFoto: dok. detikFood

Ikan yang satu ini berasal dari wilayah Sulawesi Selatan, seperti Manado dan sekitarnya. Ikan ini punya kandungan gizi tinggi. Karenanya banyak dipakai pada beberapa sajian khas Manado. Bahkan ikan ini dijadikan salah satu sambal. Sambal ikan roa terbuat dari suwiran ikan roa asap yang dipadu dengan rempah-rempah khusus dan cabe rawit. Sambal ini cocok dijadikan lauk sahur. Teksturnya seperti abon sehingga pas dipadu dengan nasi putih hangat.

4. Baby Ikan Mas

Ini Dia 5 Jenis Ikan yang Sering Dijadikan Lauk Kering EnakFoto: Instagram sambal karmila

Baby ikan mas atau umum disebut ikan mas balita enak dijadikan keripik. Cukup dibalut tepung dan digoreng hingga garing. Ukurannya kecil, mirip dengan ikan billih kalau sudah digoreng. Biasanya bayi ikan mas yang dipakai berusia 30-45 hari. Sajian ini sangat cocok dipadu dengan nasi putih dan sambal bawang. Tapi dijadikan camilan juga pas.

5. Ikan Jambrong

Ini Dia 5 Jenis Ikan yang Sering Dijadikan Lauk Kering EnakFoto: Instagram abon jambrong cikunia

Sajian lauk kering yang satu ini merupakan khas Betawi Depok. Dari sekian banyak jenis ikan asin, ikan Kapas jadi pilihan pas untuk dijadikan lauk kering. Sebenarnya nama ikan ini kerong-kerong, tapi orang Betawi biasa menyebutnya ikan jambrong atau abong. Ikan jambrong bisa dibuat jadi keripik dan abon. Abon jambrong punya rasa yang asin gurih. Saat ini abon jambrong jadi oleh-oleh khas Betawi Depok.

Baca juga: Enaknya Keripik Tempe hingga Wader Goreng Tepung yang Renyah Gurih (adr/odi)