Lauk Kering untuk Ramadan

Sambal Cakalang hingga Teri yang Cocok Dimakan dengan Nasi Hangat

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 07 Mei 2018 14:00 WIB
Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Makan nasi tak enak tanpa pelengkap sambal. Dikemas dalam botol, ragam sambal ini bisa jadi pelengkap lauk di bulan puasa. Tinggal tambah dengan sepiring nasi hangat.

Ada banyak sekali merek sambal yang sudah tersohor kelezatannya. Untuk dinikmati bersama nasi, enaknya memilih sajian sambal yang dipadu dengan seafood. Seperti teri, ikan cakalang, ebi, udang hingga cumi-cumi. Sehingga cukup disantap dengan nasi pun sudah lengkap dan nikmat.

Kalau masih kurang lauknya, Anda juga bisa menggoreng telur dan menikmatinya dengan ragam sambal ini. Beberapa sambal yang sudah dikenal enak ini bisa Anda buktikan kelezatannya.

Baca juga: Malas ke Luar Rumah Tapi Pengin Sambal Enak? Pesan Saja Via Online

1. Sambal teri

Sambal Cakalang hingga Teri yang Cocok Dimakan dengan Nasi HangatFoto: dok. detikFood

Teri nasi yang tawar atau teri jengki digemari akrena rasa gurihnya. Untuk menambha rasa gurihnya, orang mencampurkan dengan sambal dan dikemas dalam wadah kedap udara. Umumnya, sambal dibuat dengan campuran bawang merah, bawang putih, minyak, garam dan cabai rawit.

Dipadu dengan teri kecil yang sudah digoreng garing. Sambal dalam kemasan ini bisa dinikmati dengan nasi hangat. Sambal ini juga bisa bertahan sekitar 5 bulan jika disimpan dalam lemari es. Salah satu merek sambal yang menjual sambal teri salah satunya adalah Sambal Mertua, Sambal Cuk!, Sambal Yoek Ning hingga Sambal Teri Djos. Ragam sambal ini bisa dibeli secara online dengan harga yang berkisar antara Rp 22.000 hingga Rp 35.000 per kemasannya.

2. Sambal cakalang

Sambal Cakalang hingga Teri yang Cocok Dimakan dengan Nasi HangatFoto: Istimewa

Ikan cakalang asap atau cakalang fufu jadi bahan utama sambal ini. Suwiran ikan cakalang dengan semburat aroma asap dipadu dengan jahe, daun jeruk dan serai dan dimasak hingg matang. Setelah itu campurkan dengan cabai merah besar, cabai merah keriting, rawit merah, bawang merah, bawang putih, terasi, gula dan garam yang sudah dihaluskan. Sambal dimasak hingga matang dan kering.

Ada banyak sekali merek yang menjual sajian sambal cakalang ini. Salah satunya adalah Mersang's Kitchen, Sambal Cakalang Bro Arthur hingga Chili Chila Sambal Cakalang. Harganya dipatok kisaran Rp 30.000 hingga Rp 55.000.

3. Sambal ebi

Sambal Cakalang hingga Teri yang Cocok Dimakan dengan Nasi HangatFoto: Istimewa

Paduan sambal yang pedas ditambah dengan gurihnya ebi memang bisa jadi pilihan yang sedap. Gurihnya ebi yang ditumbuk halus dipadu dengan bawang putih, bawnag merah, cabe dan terasi. Semburat gurih aroma ebi juga terasa enak dan cocok dipadu dengan lauk serta nasi putih.

Selain dijadikan pelengkap nasi, sambal ebi juga bisa dijadikan sebagai campuran bumbu nasi goreng. Rasanya pasti enak! Kalau mau membeli sambal ebi yang praktis secara online, Anda bisa memesan Sambal Mertua hingga Sambal Ebi Ibu Sandra. Harganya dibandrol sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000.

4. Sambal udang

Sambal Cakalang hingga Teri yang Cocok Dimakan dengan Nasi HangatFoto: dok. detikFood

Salah satu sajian sambal udang yang praktis dan enak ada di Sambal Bu Rudy. Racikan sambal khas Surabaya ini memang diracik sedap dalam kemasan praktis. Kalau memesan sambal udang, dalam paketnya akan berisi beberapa sambal bawang dan udang goreng kering berukuran kecil. Tekstur udangnya renyah sehingga makin enak disantap bersama dengan lumuran sambal bawang serta nasi hangat. Harga sepaket udang chrispy hingga sambal bawang dibandrol dengan harga sekitar Rp 50.000-an.

5. Sambal cumi

Sambal Cakalang hingga Teri yang Cocok Dimakan dengan Nasi HangatFoto: dok. detikFood

Sambal yang dipadu dengan cumi asin ini punya rasa yang enak lho. Ada yang mencampurkan cumi asin berukuran kecil hingga sedang dengan tambahan sambal ijo dan juga rawit merah. Sensasi rasa gurih dan asin berpadu menjadi satu dalam sajian sambal ini. Salah satu yang bisa Anda coba adalah sambal ijo cumi Widi dan juga sambal Abang 88 yang punya sajian sambal cumi enak. Nyam!

Harga sambal ini beragam, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 60.000-an.

Baca juga: Sambal Abang 88: Huah! Tersengat Tuna Suwir Rica dan Cumi Asin Berbalut Sambal Pedas (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com