Sambal Abang 88: Huah! Tersengat Tuna Suwir Rica dan Cumi Asin Berbalut Sambal Pedas

Maya Safira - detikFood Jumat, 09 Sep 2016 13:09 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Bingung tak ada lauk pelengkap makan siang? Sambal praktis ini bisa jadi pilihan. Tersedia dengan isi suwiran tuna hingga cumi asin yang menggugah selera.

Keberadaan sambal praktis dapat menjadi solusi untuk pelengkap makan nasi. Baik ketika tak ada lauk di rumah, sedang bepergian maupun bekal kantor.

Kami sempat tak sengaja mencicipi sambal yang sudah dilengkapi tuna dari "Sambal Abang 88". Penjual sambal online ini sudah hadir sejak akhir tahun 2015.

Pemiliknya yang berasal dari Makassar meracik sambal tuna yang pedas gurih. Karena rasa sambalnya pas di lidah, membuat kami tertarik mencoba varian sambal lain yang ditawarkan lewat Instagram itu. Terdapat pilihan Sambal Bawang, Tuna Suwir Rica, Cumi Asin Pedas dan Jambal Asin Pedas.




Kamipun memesan sambal-sambal itu, kecuali Sambal Bawang. Tuna Suwir Rica dihargai Rp 50.000, Cumi Asin Pedas Rp 60.000 dan Jambal Asin Pedas Rp 60.000. Semuanya dikemas dalam jar ukuran 250 ml dengan berat 320 gram.

Berlokasi di Jakarta, dalam waktu sekitar 1 jam sambal sudah kami terima dengan pengiriman ojek online. Terlihat pada botolnya ada ilustrasi pria berjas hitam dengan latar warna berbeda, tergantung varian.

Kami mencoba kembali Tuna Suwir Rica yang kemasannya berwarna dominasi merah. Saat kemasan dibuka, tercium aroma khas paduan ikan tuna dan cabai.



Ikan berbentuk suwiran. Ada yang kecil tipis ataupun bongkahan cukup besar. Terlihat juga jejak gerusan cabai rawit merah pada sela-sela ikan.

Mengenai rasanya, sambal tuna ini begitu gurih dan pedas. Pemakaian bawangnya menambah rasa renyah gurih. Pedasnya cukup tertinggal di lidah. Tapi tingkat pedasnya masih bisa diterima.

Tuna ini diolah agak kering, minyaknya tampak tak begitu banyak. Sudah nikmat disuap hanya dengan nasi hangat ataupun nasi goreng. Sedap dan membuat ketagihan!

Selanjutnya kami membuka kemasan berwarna hitam dengan isi Cumi Asin Pedas. Ada cumi asin utuh ukuran kecil dan sedang dibalut sambal dengan wangi rawit menyengat. Genangan minyak dan irisan bawang merah cukup banyak pada varian ini.



Cumi seronya bertekstur kenyal empuk. Tidak alot dan mudah dikunyah. Rasa cuminya gurih sedikit asin. Sambal untuk baluran cumi terasa begitu pedas gurih. Tendangan pedas rasa cabai rawit dan bawang begitu menonjol.

Menurut kami, tingkat pedasnya lebih dari tuna suwir. Bisa terlihat juga dari beberapa cabai rawit merah utuh yang ada dalam botol. Tentunya olahan cumi ini cocok bagi pencinta pedas.

Terakhir kami mencicipi Jambal Asin Pedas dalam kemasan warna biru. Potongan ikan asin jambal rotinya cukup besar-besar. Dibaluri sambal yang terlihat mirip dengan cumi asin.




Ikan jambal bertekstur empuk. Citarasanya yang cenderung asin, cocok diberi penyeimbang sambal bawang pedas. Ketika menyantapnya kami langsung membayangkan nasi timbel atau nasi bakar. Pastinya enak dimakan bersama.

Diolah secara fresh tanpa pengawet, waktu penyimpanan sambal tidak terlalu lama. Setelah dibuka, daya tahannya sekitar 8-12 hari di suhu ruang. Sementara penyimpanan di lemari es bisa lebih dari 2 minggu.

Bagi yang ingin rasa kurang pedas, Sambal Abang 88 menyediakan pilihan medium. Akan tetapi tingkat ini hanya dibuat sesuai permintaan konsumen.

Nah, jika sedang cari lauk praktis yang mudah dibawa, coba saja racikan Sambal Abang 88. Hati-hati tersengat kepedasannya!

Sambal Abang 88
Instagram: sambalabang88
Whatsapp: 081905867888
Email: sambalabang88@gmail.com (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com