Lauk Kering untuk Ramadan

Keripik Kulit Ayam Renyah hingga Ayam Suwir Pedas yang Bikin Nagih

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 04 Mei 2018 15:35 WIB
Foto: Instagram fen.z
Jakarta - Ayam jadi pilihan favorit untuk diolah jadi lauk. Dari kulit hingga dagingngnya bisa jadi lauk kering yang enak.

Tidak hanya daging ayam yang bisa dibuat sajian lezat, jeroan hingga ceker ayam pun enak dijadikan camilan maupun lauk kering. Ini dia beberapa bagian tubuh ayam yang bisa dijadikan lauk kering. Beberapa diantaranya punya rasa yang gurih dan garing!

1. Kulit

Keripik Kulit Ayam Renyah hingga Ayam Suwir Pedas yang Bikin Nagih Foto: Istimewa
Ini salah satu bagian tubuh ayam yang jadi favorit banyak orang. Kulit ayam! Kulit ayam yang digoreng tanpa tepung teksturnya cenderung kenyal. Tapi kulit ayam yang dilapis tepung dan digoreng teksturnya jadi renyah. Karenanya orang cenderung lebih suka kulit ayam dengan tepung yang umum disebut keripik kulit ayam.

Walau garing, rasa gurih dari kulit ayam tetap terasa karena mengandung lemak. Bisa dimakan langsung dengan nasi maupun dijadikan camilan dengan cara dicocol saus sambal. Cocok untuk dijadikan lauk sahur jika malas memasak. Karena rasanya seperti mirip fied chicken.

Saat ini sudah banyak varian rasa dari keripik kulit ayam. Salah satunya rasa telur asin. Keripik kulit ayam goreng dengan balutan saus telur asin.

2. Ceker

Keripik Kulit Ayam Renyah hingga Ayam Suwir Pedas yang Bikin Nagih Foto: Instagram mymom_leaningsih

Walau ceker alias kaki ayam punya banyak tulang, tapi bagian ini tetap digemari karena lapisan kulitnya yang kenyal lembut. Setelah dibersihkan dan dipotong cakarnya, ceker bisa diolah menjadi dim sum, soto, pelengkap mi ayam hingga keripik.

Kalau ingin makan ceker tanpa tulag, keripik ceker bisa jadi pilihan. Isinya hanya ceker yang renyah. Sehingga rasanya gurih dan garing. Uniknya, keripik ini berbentuk sama dengan ceker ayam. Karena garing ringan, keripik ceker juga enak buat camilan..

Baca juga: Dendeng hingga Abon Ragam Lauk Kering Berbahan Daging

3. Usus

Keripik Kulit Ayam Renyah hingga Ayam Suwir Pedas yang Bikin Nagih Foto: Instagram depuspa19
Bentuknya keriting dan panjang. Makanan berwarna cokelat ini sangat renyah. Rasanya gurih asin dan terbuat dari jeroan ayam. Apalagi kalau bukan keripik usus!

Selain dibuat sate, usus ayam juga bisa dimanfaatkan menjadi keripik. Setelah dibersihkan dan dipotong-potong, usus direndam di air kapur sirih agar garing. Air jeruk nipis juga ditambahkan untuk menghilangkan bau amis. Kemudian, usus ditiriskan dan dicampur dengan bumbu halus agar rasanya enak.

Setelah itu, usus digoreng sampai garing. Adapula yang melapisinya dengan campuran tepung sebelum digoreng agar teksturnya lebih renyah. Keripik usus bisa dijadikan camilan maupun sebagai pengganti kerupuk untuk pelengkap makan. Sehingga cocok dijadikan menu pendamping saat sahur. Keripik ini pasti bisa menambah nafsu makan saat sahur!

Baca juga: Kriuk-kriuk Keripik Usus Paling Gurih Renyah

4. Ayam suwir

Keripik Kulit Ayam Renyah hingga Ayam Suwir Pedas yang Bikin Nagih Foto: Istimewa
Lauk kering ini terbuat dari daging ayam yang direbus dengan bumbu dan disuwir halus lalu dikeringkan.

Saat sudah jadi, abon memiliki tekstur yang kering dan berserat. Enaknya, abon ayam punya tekstur lebih lembut dibanding dengan abon sapi. Asal disimpan dengan benar di tempat kering, abon bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Lauk kering berbahan ayam ini mudah didapat dan praktis.

5. Serundeng ayam

Suwiran daging ayam atau daging ayam yang dicincang juga enak dicampur serundeng. Rasa gurih kelapa parut dengan bumbu sedikit pedas membuat serundeng ayam rasanya lebih enak. Cocok disantap dengan nasi panas. (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com