Lauk Kering untuk Ramadan

Dendeng hingga Abon, Ragam Lauk Kering Berbahan Daging

Devi Setya - detikFood Rabu, 02 Mei 2018 19:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Daging sapi dan daging ayam bisa diolah jadi lauk kering yang enak dimakan kapan saja. Karenanya jadi favorit untuk lauk sahur.

Awal puasa mungkin masih semangat memasak buat menu sahur dan berbuka puasa. Tapi tak ada salahnya menyimpan berbagai makanan kering buat stok di rumah.

Lauk kering berbahan daging berikut bisa jadi stok lauk praktis rumah.

1. Dendeng Sapi
Dendeng hingga Abon, Ragam Lauk Kering Berbahan DagingDendeng sapi yang bersifat kering bisa jadi stok lauk di rumah/Foto: Istimewa
Dahulu dendeng sapi sering dijadikan bekal saat bepergian jauh dan lama. Kini dendeng sapi bisa diandalkan jadi makanan kering yang awet disimpan lama. Rasanya manis gurih dengan bumbu ketumbar.

Untuk membuat dendeng sapi, daging diiris tipis kalu dibumbui dan dipanggang hingga kering. Secara tradisional, dendeng dibuat dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Karena sifatnya kering, dendeng awet hingga berbulan-bulan asal disimpan di dalam wadah kedap udara. Saat akan dimakan, tinggal dipotong, rendam sebentar dalam air panas agar agak lunak dan goreng sebentar.

Baca juga : Dendeng Basah atau Kering? Trik Membuatnya Harus Tepat

2. Dendeng Ragi
Dendeng hingga Abon, Ragam Lauk Kering Berbahan DagingDendeng ragi yang gurih karena dicampur dengan kelapa parut/Foto: Istimewa
Dendeng ragi juga terbuat dari daging sapi namun diolah dengan tambahan kelapa parut. Dendeng ragi bisa jadi lauk teman makan nasi yang enak, apalagi jika ditambah sambal.

Karena bersifat kering juga, dendeng ragi bisa disimpan lama. Masukkan dendeng ragi dalam wadah kedap udara lalu simpan dalam lemari es. Jangan panik ketika telat bangun sahur, ada dendeng ragi yang bisa langsung disantap.

3. Abon Sapi
Dendeng hingga Abon, Ragam Lauk Kering Berbahan DagingAbon sapi yang berserat, gurih dan praktis sebagai lauk makan/Foto: Istimewa
Makanan kering yang juga bisa jadi stok adalah abon sapi. Terbuat dari daging sapi yang direbus dengan bumbu dan disuwir halus, kemudian dipanggang hingga kering.

Saat sudah jadi, abon memiliki tekstur yang kering dan berserat. Asal disimpan dengan benar di tempat kering, abon bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Di pasaran banyak yang menjual abon kemasan jadi tak sulit jika ingin menjadikan menu ini sebagai stok selama Ramadan. Ada yang ditambah bawang goreng, ada yang manis dan ada pula yang pedas.

Baca juga : Dendeng Digabung dengan Abon Sapi? Inilah Resep Sahur Andalan Dea Imut

4. Abon Ayam
Dendeng hingga Abon, Ragam Lauk Kering Berbahan DagingAbon ayam yang bisa jadi makanan kering stok sselama Ramadan/Foto: Istimewa
Mirip dengan abon sapi namun bahan bakunya terbuat dari daging ayam. Tekstur abon ayam terasa lebih lembut dibandingkan daging sapi.

Abon ayam juga bisa jadi lauk praktis. Bisa disantap dengan nasi hangat, roti panggang atau ketan kukue, Makan nasi putih dengan abon saja sudah cukup karena abon tinggi protein. (dvs/odi)