Viral! Ikan yang Sudah Dimasak Ini Kembali Hidup dan Loncat dari Piring

Devi Setya - detikFood Jumat, 04 Mei 2018 10:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ikan yang dimasak pastinya sudah dimatikan dulu. Tapi di China ada ikan yang kembali hidup dan loncat padahal sudah dimasak. Wow!

Banyak pengalaman unik yang bisa saja dialami saat sedang makan di restoran. Tapi tampaknya pengalaman mengejutkan sekaligus mengerikan baru saja dialami pengunjung restoran di China.

Dikabarkan This Is Insider (4/5) sebuah video tengah menjadi perbincangan hangat netizen. Pasalnya video ini memperlihatkan bagaimana ikan yang sudah dimasak kemudian loncat dari piring saji.
Viral! Ikan yang Sudah Dimasak Ini Kembali Hidup dan Loncat dari PiringIkan yang sudah dimasak tapi kembali hidup/Foto: Istimewa
Baca juga : Wah, Kepiting Hidup Ini Masih Makan Sayuran Saat Dimasak!

Video unggahan Huolongguo Chuanmei pada jejaring sosial Youku, Rabu lalu, menarik perhatian banyak orang. Judul video ini adalah "Ikan kuat! Seekor ikan melompat keluar dari mangkuk setelah dimasak. Ini membuat pengunjung restoran takut makan ikan!"

Dalam video memperlihatkan sekelompok orang China tengah bersiap menyantap hidangan yang sudah tersaji. Salah satu menu makanannya adalah ikan yang dimasak dan ditaburi sayuran, kemudian disajikan dengan saus dalam mangkuk cekung, seperti ikan tim.

Awalnya bagian ekor ikan sedikit bergerak-gerak, lalu kemudian ikan mendadak melompat dari mangkuk dan mendarat di meja makan. Saat di atas meja, ikan juga masih terus bergerak.

Video ini juga merekam bagaimana reaksi terkejut dari pengunjung restoran. Terdengar suara wanita yang bilang kalau dia takut karena ikannya kembali hidup.

Kejadian mengejutkan ini lantas dengan cepat menjadi perbincangan publik baik di China maupun di luar China. Beberapa media internasional bahkan juga ikut mempublikasikan video ini.

Media seperti Fox News, People, Metro dan beberapa lainnya menyebutkan ikan ini sebagai 'ikan zombie.'

Baca juga : Hii! Pria Ini Taruh Buaya Hidup untuk Bahan Makan Malamnya di Kolam Publik

Orang awam pastilah kaget mendapati kejadian seperti ini namun Discovery News memiliki penjelasan ilmiahnya. Seorang Profesor Kimia di University of Virginia mengatakan ini adalah fenomena alami.

Ia menjelaskan ikan yang sudah mati namun masih bergerak seolah kembali hidup sebenarnya bukan sungguhan hidup melainkan sebagai efek reaksi jaringan otot ikan. "Sebagian besar jaringan sebenarnya masih hidup. Akibatnya, meskipun otak ikan sudah tidak berfungsi lagi, tapi jaringannya masih bisa merespon rangsangan seperti dari kecap atau garam," jelas profesor ini.

Meskipun demikian, tetap saja gerakan ikan yang mengejutkan tersebut bikin selera makan hilang. Siapa yang berani makan ikan yang masih bergerak? (dvs/odi)