Kalau Mau Lebih Fokus, Sebelum Berdiskusi Dalam Rapat Minumlah Kopi

Devi Setya - detikFood Rabu, 02 Mei 2018 12:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Banyak orang merasa tak bisa fokus jika belum minum kopi. Ini bukan soal kebiasaan semata, penelitian telah membuktikan secara ilmiah.

Dilansir dari NY Post (30/4) sebuah penelitian menunjukkan bukti jika minum kopi sebelum melakukan percakapan atau diskusi dengan orang lain akan membantu lebih fokus. Penelitian ini juga menunjukkan orang yang sudah minum kopi akan lebih berpikir postif pada lawan bicaranya.
Kalau Mau Lebih Fokus, Sebelum Berdiskusi Dalam Rapat Minumlah KopiPenelitian tunjukkan minum kopi membuat orang lebih cepat fokus saat berdiskusi/Foto: Istock
Baca juga : Inilah Efek yang Dialami Tubuh Saat Minum Secangkir Kopi

"Kami melihat kopi sering disajikan pada berbagai acara pertemuan namun belum ada yang meneliti bagaimana kopi bisa mempengaruhi pola pikir dan kinerja suatu kelompok," kata Vasa Unnava, salah seorang anggota tim penelitian ini.

Lebih lanjut Unnava mengatakan penelitian yang ada saat ini hanya terkait pengaruh kopi pada seseorang setelah minum kopi.

Tim peneliti ini melakukan percobaan dengan 134 mahasiswa. Mereka ini dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok disajikan kopi dan satu kelompok lainnya berdiskusi tanpa kopi.

Kedua kelompok ini ditugaskan untuk membahas tentang Occupy Wall Street selama 15 menit.

Kelompok dengan peserta yang disajikan secangkir kopi sebelum mulai diskusi ternyata lebih terlihat fokus saling memperhatikan rekan diskusi. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Psychopharmacology.
Kalau Mau Lebih Fokus, Sebelum Berdiskusi Dalam Rapat Minumlah KopiIlustrasi foto minum kopi bersama saat diskusi/Foto: Istock
Baca juga : Sakit Kepala karena Tidak Minum Kopi? Ini Sebabnya

Penelitian dilakukan pada orang-orang yang biasa minum kopi dengan teratur. "Bagi orang-orang ini, minum kopi membuat mereka lebih waspada dan mudah memfokuskan pemikiran mereka pada topik atau tugas kelompok yang sedang dilakukan. Jadi, jika Anda peminum kopi, tampaknya secangkir kopi bisa membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik," kata Unnava

Jadi, kalau Anda peminum kopi, usahakan menyeruput segelas kopi sebelum bertemu rekan kerja atau mulai mendiskusikan pekerjaan atau membahas masalah dalam rapat. (dvs/odi)