Mau Masak Pasta yang Enak? Perhatikan 8 Hal Penting Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 28 Apr 2018 08:54 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Mumpung akhir pekan, masak pasta bisa jadi ide keren. Gampang dibuat dan kaya variasi. Agar hasilnya enak, coba perhatikan dulu hal penting saat merebus pasta.

Pasta terbuat dari tepung terigu, air dan telur. Makanan khas Italia ini punya ratusan jenis. Di Indonesia yang populer jenis spaghetti, makaroni, lasagna, fettucine hingga tagliatele. Beragam jenis pasta kering dapat dibeli di supermarket.

Merebus pasta terlihat mudah tetapi masih banyak yang mengalami kegagalan. Pasta yang lonyot atau terlalu masak dan lengket. Beberapa hal sederhana ini perlu Anda perhatikan saat memasak pasta agar pasta 'al dente' dan enak saat menyatu dengan sausnya.


Mau Masak Pasta yang Enak? Perhatikan 8 Hal Penting IniFoto: iStock/Reddit

1. Jangan dibilas
Setelah pasta direbus hingga 'al dente', matang dengan sedikit rasa renyah di bagian tengah, sebaiknya jangan dibilas air dingin. Saat merebus, jangan menambahkan minyak dalam air rebusan, tetapi tambahkan minyak saat sudah ditiriskan. Cukup sedikit kucuri minyak dan aduk rata agar tak lengket.

2. Jangan sampai lonyot
Merebus pasta hingga lunak sekali akan membuat teksturnya sangat lembek dan tidak enak. Selain itu jika terlalu lunak akan menambah indeks glikemik yang membuat pasta makin lama dicerna dan diserap tubuh.

3. Selalu gunakan panci besar
Untuk membuat pasta matang 'al dente' gunakan panci besar dan air sesuai jumlah pasta. Karena pasta akan mengembang saat direbus maka perlu ruang lebih luas untuk meratakan panas dari air rebusannya.

Mau Masak Pasta yang Enak? Perhatikan 8 Hal Penting IniFoto: iStock

4. Bersabar
Pastikan air perebus pasta benar-benar mendidih sebelum pasta dimasukkan. Suhu panas dalam air akan mencegah pasta jadi lembek. 5. Aduk terus Sebaiknya setelah pasta dimasukkan dalam air mendidih, aduk-aduk untuk mencegah pasta lengket satu sama lainnya.

6. Keju parmesan
Keju parmesan memang jodohnya pasta. Jika Anda vegetarian sebaiknya jangan memakai keju parmesan. Karena keju ini dibuat dengan rennet sapi. Carilah keju tua yang khusus untuk vegetarian.



Mau Masak Pasta yang Enak? Perhatikan 8 Hal Penting IniFoto: iStock

7. Tambahkan garam
Jika air sudah mendidih baru tambahkan garam. Saat pasta dimasak akan cenderung menyerap garam. Jadi lakukkan di saat yang tepat.

8. Resep praktis
Jika ingin memasak pasta populer, seperti Spaghetti Aglio Olio, cek resepnya di sini. Atau Spaghetti Bolognese dengan melihat langkahnya di sini. Atau lebih suka yang klasik seperti resep Spaghetti Carbonara ini. (odi/odi)