Ini 4 Cara Sederhana Untuk Mengecek Kesegaran Ikan Sashimi

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 24 Apr 2018 12:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Irisan daging ikan segar memang jadi kelezatan sashimi khas Jepang yang digemari oleh banyak orang. Tapi apakah sashimi benar-benar segar?

Banyak orang suka sashimi, tetapi hanya sedikit yang mengetahui apakah ikan mentah yang disajikan segar atau tidak. Tidak perlu khawatir, Anda bisa menerakan tips praktis yang dilansir dari World of Buzz (20/04) berikut ini laut.

Baca Juga: Daging Kodok Disajikan Sebagai Sashimi Lezat di Jepang


1. Aroma sashimi
Ini 4 Cara Sederhana Untuk Menegecek Kesegaran Ikan SashimiFoto: iStock
Banyak perdebatan tentang apakah sashimi harus beraroma seperti aroma amis laut, atau tidak beraroma sama sekali. Penting untuk diperhatikan seberapa kuat aroma sashimi.

Jika Anda mencium aroma sashimi ke dekat mulut atau hidung dan ada aroma amis atau asin itu dianggap normal. Namun, jika Anda dapat mencium aroma amis dari jarak jauh, sebaiknya ikan
jangan dimakan karena itu menandakan ikan yang sudah tidak segar.


2. Tampilan sashimi

Ini 4 Cara Sederhana Untuk Menegecek Kesegaran Ikan SashimiFoto: iStock
Meski sekilas tidak terdapat perbedaan, tapi jika diteliti lebih jauh Anda dapat melihat detail yang lebih halus di permukaan irisan daging ikan untuk mengetahui kesegarannya.

Sashimi yang segar harus mengkilap, sedikit tembus cahaya ketika diangkat, dan bebas dari lendir yang menyerupai susu. Pada dasarnya, semua ikan segar harus terlihat dalam kondisi baik dan bersih.


3. Warna

Ini 4 Cara Sederhana Untuk Menegecek Kesegaran Ikan SashimiFoto: iStock
Ada perbedaan dari daging salmon liar dan salmon budidaya. Daging salmon liar memiliki warna yang lebih merah, sementara salmon dari peternakan warnanya tidak terlalu merah dan cenderung berwarna merah muda cerah. Singkatnya, warna dari sashimi tidak dapat menentukan kesegaran dari ikan. Selama warnanya masih normal dan aromanya tidak amis, ikan masih aman untuk dikonsumsi.


4. Tekstur sashimi

Ini 4 Cara Sederhana Untuk Menegecek Kesegaran Ikan SashimiFoto: iStock
Untuk mengecek kualitas dari sashimi yang Anda akan makan, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyentuhnya dengan ujung sumpit, jika tekstur ikan kembali ke semula setelah dicolek maka ikan itu cukup padat dan segar.

Selain itu, restoran sushi seharusnya tidak memiliki aroma amis, restoran sushi segar biasanya beraroma mentimun atau semangka. Cara sashimi disajikan oleh chef juga mempengaruhi dari kualitas dan rasa sashimi itu sendiri.


Baca Juga: 'Chicken Sashimi' Makin Populer, Amankah Makan Sajian Daging Ayam Mentah Ini? (sob/odi)