Daging Kodok Disajikan Sebagai Sashimi Lezat di Jepang

- detikFood Jumat, 18 Okt 2013 15:11 WIB
Foto: Rocket News 24
Jakarta - Di Indonesia, kodok disajikan sebagai swikee. Bagian kakinya digoreng, ditumis, atau dibuat menjadi sup. Di Jepangpun kodok disantap, namun disuguhkan mentah-mentah sebagai sashimi.

Di Negeri Matahari Terbit, sashimi tak hanya terbatas pada ikan atau seafood. Daging ayam dan kuda juga diiris-iris dan disajikan mentah. Bahkan, sejak dulu, kodok juga disantap sebagai sashimi.

Restoran Asadachi di Tokyo menyajikan sashimi kodok. Namun, kodok yang digunakan tidak sembarangan. Mereka memakai bullfrog atau kodok besar yang khusus untuk dimasak, sehingga aman disantap dan enak.

Kodok tersebut dibiarkan hidup di dapur dan baru dikeluarkan jika ada yang memesan. Untuk Anda yang tak tega, sebaiknya jangan bersantap di sini. Pasalnya, kodok dipotong, dikeluarkan isi perutnya, dikuliti, dan dipotong-potong langsung di depan Anda!

Sashimi kodok disajikan di piring dengan kepala dan tangan utuh, sementara bagian dada hingga kakinya berupa daging yang sudah diiris-iris. Terkadang kodoknya masih berkedip atau tangannya seperti meronta-ronta. Bahkan, jantungnya yang masih berdetak disajikan terpisah untuk segera disantap!

Menurut situs Rocket News 24 (20/05/12), dagingnya terasa ringan, segar, sedikit kenyal, dan tak bau. Dibanding sashimi ayam, sashimi kodok terasa lebih ringan dan enak serta lebih rendah kandungan lemaknya. Bahkan, konon rasanya juga lebih enak daripada sashimi tuna!

Setelah dagingnya habis, bagian tubuh kodok yang tak termakan direbus untuk membuat sup yang terasa sedikit pedas. "Kami terkejut, ternyata kodok sangat lezat dari awal sampai akhir," tulis situs asal Jepang ini.

Kalau ingin mencicipi sashimi kodok di Asadachi, pastikan Anda menelepon terlebih dahulu sebelum datang. Pasalnya, restoran ini hanya menerima kiriman lima kodok per hari.

Selain sashimi kodok, Asadachi juga menjual testis, rahim, dan payudara babi dalam bentuk sashimi atau matang. Adapula penyu cangkang lunak China yang dijual dengan harga murah, namun harus dipesan terlebih dahulu.

(fit/odi)